Swiss Luar Biasa! Cetak Gol Menit 89, 90 dan Pertahankan Rekor Tak Terkalahkan

Gila Bola – Saat semua orang menyangka Swiss akan kalah untuk pertama kalinya di kualifikasi Euro 2024 ini, dua gol selang semenit jelang akhir memastikan skor imbang 3-3 kontra Belarusia dan menjaga rekor tidak terkalahkan.

Sampai dengan menit 89 pertandingan di Kybunpark di St Gallen ini mereka masih tertinggal 1-3 usai Xherdan Shaqiri membuka skor pada menit 28 dan dibalas dengan tiga gol beruntun dari tim tamu.

Sebagai akibatnya tim jersey merah itu masih tertahan di puncak klasemen Grup I dengan nilai 15, sementara sebuah kemenangan seharusnya bisa memberi mereka 17 poin.

Sebaliknya, Belarusia dipastikan tersingkir. Potensi 6 poin jika menang dari dua pertandingan sisa Grup I tidak akan cukup untuk meloloskan mereka ke Jerman.

Bagaimana Drama Terjadi Pada Laga Swiss vs Belarusia

Bekas pemain Bayern Munchen dan Liverpool, Shaqiri, membuka skor menit 28. Seolah-olah ini akan menjadi sebuah kemenangan mudah, kan? Salah besar!

Tiga gol kemudian mengalir masuk ke gawang Yann Sommer saat tuan rumah sepertinya menganggap enteng Belarusia, tim urutan kelima dari klasemen Grup I, yang sebelum kick-off dimulai hanya memiliki 7 poin saja atas nama mereka.

Nama-nama pencetak gol dari kubu tim tamu tak perlu disebut ya, toh Anda juga tidak akan kenal. Bukan nama-nama tenar.

Namun meskipun skor pertandingan Swiss vs Belarusia ini sudah menunjukkan posisi 1-3, pertandingan sama sekali belum berakhir.

Satu menit menjelang waktu reguler berakhir, menit 89, pemain Manchester City Manuel Akanji menipiskan skor menjadi 2-3, dan kemudian selisih beberapa belas detik kemudian gelandang Burnley Zeki Amdouni menjadi pahlawan timnas Swiss. Skor 3-3 bertahan sampai beberapa menit kemudian.

Swiss Masih Butuh Poin Untuk Lolos

Dengan 15 poin dan hanya selisih dua di atas pesaing terdekatnya Rumania (13), Swiss masih butuh setidaknya tiga kemenangan lagi guna menjauhkan diri dari Israel di posisi ketiga Grup I yang memiliki 11 poin.

Swiss menjaga reputasi tidak terkalahkan mereka dengan empat kemenangan dan tiga hasil imbang. Sementara Rumania di bawah mereka itu, tiga kemenangan dan empat hasil draw.

Pasukan Murat Yakin itu butuh kemenangan saat mereka tandang ke Bloomfield Stadium di Tel Aviv pada pertengahan November 2023, jika laga itu tidak ditunda akibat perang kontra Hamas saat ini. Setelah itu kemenangan kontra Kosovo dan tandang ke Rumania.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!