Terlibat 3 Gol, Gelandang Belgia Loloskan Atalanta ke Perempat Final Coppa Italia

Gila Bola – Atalanta satu langkah lebih dekat ke turnamen yang gagal mereka menangkan pada 2019 dan 2021, meski sudah lolos sampai ke final. Pahlawan mereka pada 16 besar ini adalah sang gelandang asal Belgia. Siapa?

Charles De Ketelaere mencetak dua gol pertama La Dea ke gawang Sassuolo, sebelum pemain 22 tahun itu memberi assist untuk gol ketiga timnya oleh Aleksey Miranchuk, seorang pemain asal Rusia.

Itu berarti gelandang Belgia ini sudah terlibat dalam 11 gol Atalanta di semua kompetisi, enam sebagai pencetak gol dan lima sebagai pemberi assist. Dua golnya sebelum ini terjadi di ajang Liga Europa dan Serie A, dua di Coppa Italia pada malam ini.

Dengan kemenangan atas Sassuolo tersebut maka pasukan Gian Piero Gasperini lolos ke perempat final Coppa Italia, dan akan berhadapan dengan AC Milan pada laga-laga delapan besar, pekan kedua Januari 2024.

Atalanta adalah finalis 2019, namun kalah 2-0 di partai puncak di tangan Lazio pada final yang diselenggarakan di Stadio Olimpico di Roma. Tim yang sama juga finalis 2021, namun sekali lagi kalah 2-1 oleh Juventus.

Gasperini akan memaksa anak buahnya untuk menebus dosa-dosa mereka sebelum ini, dengan cara meloloskan diri satu kali lagi ke final dan meraih trofi yang sudah dua kali menghindari mereka itu.

Atalanta Mendominasi Sassuolo

Marten De Roon dan rekan-rekannya tampil sangat dominan melawan Sassuolo. Selama 90 menit menguasai bola sampai di atas 56 persen.

Tapi apa yang paling menonjol bukan itu. Sebanyak 25 kali tim berbasis di Bergamo itu melepaskan serangan berbahaya, meskipun hanya delapan kali yang mengarah tepat sasaran ke gawang Alessio Cragno. Tiga berubah menjadi gol.

Stopper Italia itu melakukan lima kali penyelamatan penting sehingga tidak bisa dibayangkan gawang Sassuolo tanpa kehadiran kiper Cragno.

Satu-satunya gol balasan tim tamu terjadi beberapa detik sebelum peluit panjang berbunyi, dilesakkan oleh Daniel Boloca.

Siapakah Peraih Trofi Coppa Italia Terbanyak?

Juventus adalah klub yang paling sukses di ajang piala domestik Italia ini, meraih gelar juara 14 kali dari total 21 kali masuk ke final. Dua gelar terakhirnya terjadi tahun 2020 dan 2022.

Roma adalah klub kedua paling sukses di ajang Coppa Italia, sudah meraih trofi juaranya sebanyak sembilan kali dari 17 kali lolos sampai ke partai puncak. Skuad Jose Mourinho itu baru akan bertanding beberapa saat lagi melawan Cremonese.

Atalanta belum satu kali pun menang Coppa Italia, kalah jauh dari perolehan Inter (9 kali), Lazio (7), Fiorentina dan Napoli (keduanya 6), serta Milan dan Torino (masing-masing 5 kali).

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!