The Best FIFA: Haaland Lebih Disukai Media, Tapi Kapten Timnas dan Fans Pilih Messi

Gila Bola – Mengapa Lionel Messi masih bisa menang The Best FIFA, sementara terakhir kali memenangkan trofi besar, yakni Piala Dunia 2022, sudah berjarak 13 bulan silam? Kapten tim nasional dan fans banyak yang menjatuhkan pilihan pada La Pulga, bukan Erling Haaland.

Jika sang bintang Norwegia masih kalah dibandingkan sang legenda Argentina, itu karena lebih dari satu juta pendukung masih lebih banyak menjatuhkan pilihan pada Messi daripada Haaland. Dan demikian juga kapten-kapten tim nasional lebih terkesan dengan La Pulga.

Media massa internasional, yakni sejumlah wartawan spesialis sepak bola yang dipilih dari berbagai negara, menjatuhkan pilihan pada Haaland. Itu sepertinya merupakan pilihan yang rasional setelah sang bintang Norwegia mencetak 36 gol dalam semusim di Liga Inggris.

Tiga nama terakhir yang menjadi nominasi pada 2024 ini adalah Messi, Haaland, dan pemain PSG Kylian Mbappe.

Pilihan Emosional Lebih Banyak Pilih Messi

Fans sepak bola memperoleh porsi 25 persen dalam menentukan siapa yang terbaik dalam kontestasi The Best FIFA ini. Tahu mereka memilih siapa?

Sebanyak 613 ribu lebih poin dijatuhkan pada pemain Argentina yang sudah berumur 36 tahun itu, dengan hanya lebih dari setengahnya atau 365 ribu poin bagi Haaland, dan 201 ribu poin bagi Kylian Mbappe.

Para skipper tim nasional juga lebih suka pemain No 10 itu, dengan 677 poin, berbanding 557 bagi sang penyerang the Skyblues.

Sementara itu para pelatih tim nasional berbanding terbalik dibandingkan kapten-kapten mereka, lebih suka profil pemain seperti sang bekas pemain Borussia Dortmund dan RB Salzburg itu, memperoleh 541 poin, dibandingkan Messi 476 poin.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Anda bisa melihat perbandingan perolehan poin dari tiga finalis The Best FIFA 2024 untuk pemain laki-laki terbaik itu.

Voting Messi di The Best FIFA

Dari nilai voting total sebenarnya Messi dan Haaland sama banyak, yakni 48 poin. Namun sesuai aturan FIFA, siapa yang memperoleh urutan pertama dari para kapten timnas, dialah yang menang jika terjadi sama poin. Dalam hal ini La Pulga memperoleh lebih banyak pilihan dari skipper-skipper timnas.

Di Manakah Cristiano Ronaldo?

Para pendukung CR7 silakan memalingkan muka. Tidak ada nama sang bintang Portugal bahkan dalam nominasi 12 nama terakhir.

Empat merupakan nama-nama pemain Manchester City, yakni Kevin De Bruyne, Rodri, Julian Alvarez, dan Bernardo Silva.

Sementara sisanya tersebar dengan dua pemian Napoli masuk daftar, yaitu Victor Osimhen dan Khvicha Kvaratskhelia, selain Declan Rice Arsenal, Ilkay Gundogan Barcelona, dan Marcelo Brozovic Inter.