Messi Juara Dunia 2022, Mengapa Masih Menang The Best FIFA 2024?

Gila Bola – Lionel Messi satu kali lagi memenangkan gelar The Best FIFA. Mengapa bisa begitu? Bukankah gelar juara dunia bersama timnas Argentina sudah terjadi cukup lama? Desember 2022?

Alasan Messi bisa menang lagi dua tahun berturut-turut, setelah memenangkan gelar yang sama tahun lalu, adalah karena sistem voting yang dianut dalam pemilihan The Best FIFA. Membagi secara rata suara dari dewan juri, fans sepak bola dari seluruh dunia, jurnalis spesialis sepak bola, dan para pelatih tim nasional bersama kapten timnya.

Jadi kita tidak bisa mengatakan bahwa kurang adil Messi memenangkan lagi The Best, terutama karena pesaingnya adalah Erling Haaland asal Norwegia yang menjadi pencetak gol terbanyak Lga Inggris musim lalu, serta Kylian Mbappe asal PSG.

Siapa Sajakah Penentu Suara Kemenangan Lionel Messi?

FIFA.com mengatakan bahwa penentuan siapa menang dan siapa kalah dibagi rata antara empat grup. Satu di antaranya adalah dewan juri, yang untuk penghargaan edisi 2024 ini terdiri dari Petr Čech (Ceko), Didier Drogba (Pantai Gading), Brett Emerton (Australia), dan Rio Ferdinand (Inggris).

Selain itu juga Asamoah Gyan (Ghana), Kaká (Brasil), Mario Kempes (Argentina), Alexi Lalas (Amerika Serikat), Jon Obi Mikel (Nigeria), Park Ji-sung (Korea Selatan) dan Ivan Vicelich (Selandia Baru).

Kelompok kedua adalah suara voting dari fans bola di seluruh dunia yang terdaftar di situs FIFA, berjumlah lebih dari satu juta orang, katanya.

Unsur ketiga adalah jurnalis spesialis sepak bola dari seluruh dunia, diwakil dari tiap region, seperti Eropa dan Asia.

Kelompok keempat adalah pelatih tim nasional dan sang kapten tim berunding untuk menentukan suara mereka diberikan ke siapa.

Jadi, jika Anda kurang puas mengapa Messi bisa menang lagi, sementara turnamen Piala Dunia yang dimenangkan Messi sudah berlalu 13 bulan silam, salahkan kelompok-kelompok ini.

Bagi mereka sudah jelas, raja gol Erling Haaland yang menjadi top skor Liga Inggris, memenangkan treble bersama Manchester City masih kalah heroik dibandingkan saat Messi memenangkan trofi Piala Dunia di Qatar, Desember 2022.

Siapa Sajakah Nominasi The Best FIFA Untuk Pemain Laki-laki?

Selain Messi, Mbappe dan Haaland, ada sembilan nama lain yang masuk nominasi daftar pemain laki-laki terbaik. Manchester City mendominasi dengan empat nama, masing-masing adalah Kevin De Bruyne, Julian Alvarez, Rodri, dan Bernardo Silva.

Lima lainnya adalah Marcelo Brozovic, bekas pemain Inter, lalu Ilkay Gundogan yang kini merumput di Barcelona, Khvicha Kvaratskhelia serta Victor Osimhen asal Napoli, dan Declan Rice yang kini merumput bagi Arsenal.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!