Tiga Assist Saddil Ramdani Bawa Sabah FC Bantai PSM Makassar di AFC Cup, Kiper Dikartu Merah

Gila BolaPSM Makassar kembali alami kekalahan di laga fase Grup H AFC Cup 2023/24, Kamis (5/10) malam. Menjamu Sabah FC, Juku Eja dipermalukan 0-5, di samping kehilangan sang kiper yang dikartu merah di awal babak kedua.

Pemain Timnas Indonesia, Saddil Ramdani, menjadi tiga pengumpan assist dalam terciptanya lima gol Sabah FC. Adapun Sabah FC kantongi kemenangan mereka lewat dua gol Darren Lok, Gabriel Peres, Stuart Wilkin dan Farhan Roslan. Kekalahan tuan rumah diperparah dengan diusirnya kiper andalan, Reza Arya Pratama, di awal babak kedua.

Ini menjadi kekalahan kedua yang dialami PSM Makassar di fase grup AFC Cup musim ini. Sebelumnya, skuad asuhan Bernardo Tavares itu juga kalah dari klub asal Vietnam, Hai Phong FC, dengan skor 3-0.

Akibat kekalahan ini, Juku Eja berada di dasar klasemen grup dengan poin nol, karena tak pernah menang di dua pertandingan. Sementara Sabah FC berada di posisi teratas klasemen grup dengan poin enam.

Setelah laga melawan Sabah FC, PSM Makassar berikutnya akan menjamu tim Singapura, Hougang United, pada 25 Oktober 2023.

PSM Makassar Terancam Sejak Awal Laga

Di laga melawan Sabah FC, PSM sudah kewalahan sejak kickoff dan beberapa kali mendapat ancaman lawan. Akibatnya, gawang Reza Arya sudah kebobolan di awal laga, saat Darren Lok berhasil memanfaatkan umpan Saddil lewat sundulan kepalanya.

PSM Makassar memang berhasil temukan irama permainan mereka saat laga memasuki menit ke-15, tapi upaya serangan mereka tak ada yang membuahkan hasil. Setidaknya dua peluang yang dimiliki PSM gagal bersarang di gawang lawan.

Alih-alih samakan kedudukan, gawang PSM malah kebobolan lagi di menit ke-36. Laggi-lagi, Saddil Ramdani menjadi penyuplai bola bagi tim lawan.

Saddil Ramdani Cetak Hattrick Assist di Babak Kedua

Sabah FC bahkan tetap ngotot mencetak bola usai turun minum. Hasilnya, tiga gol tambahan berhasil dikantongi tim Malaysia tersebut. Di babak ini pula, Saddil berhasil sodorkan satu assist lagi, yang membuat kesengsaraan PSM semakin menjadi-jadi.

Apes bagi PSM, kiper Reza Arya Pratama diusir di menit ke-57 usai menjegal Saddil yang berlari bebas sendirian. Sabah pun mendapat peluang dari posisi set-piece, tapi sayang tendangan bebas Saddil masih melebar.

PSM yang hanya bermain dengan 10 pemain makin tertekan di menit-menit akhir. Sabah FC menambah satu gol lagi di menit ke-73 lewat tendangan bebas Stuart Wilkin. Lalu, di masa injury pada menit 90+3, Farhan Roslan memantapkan kemenangan Sabah FC menjadi 5-0.

Susunan pemain

PSM Makassar: Reza Arya Pratama; Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar, Rizky Eka Pratama, Ananda Raehan, M Arfan, Akbar Tanjung, Dzaky Asraf, Donald Bissa, Adilson Silva.

Sabah FC: Damien Lim; Gabriel Peres, Daniel Ting, Park Tae-soo, Cifu, Kwang Min-ko, Ramon Machado, Stuart Wilkin, Darren Lok, Dominic Tan, Saddil Ramdani.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!