Tak Heran Manchester United Terpuruk, Ada Kelelahan Kapten Tim di Baliknya!

Gila Bola – Tidak bisa 100 persen menyalahkan para pemain Manchester United di balik keterpurukan mereka di semua kompetisi, termasuk Liga Inggris, setelah statistik yang dirilis FIFPro memperlihatkan kelelahan yang diderita sang kapten tim.

Bruno Fernandes memainkan 72 pertandingan yang masing-masing nyaris 90 menit selama 12 bulan terakhir, sampai dengan tanggal 15 September 2023 kemarin. Itu setara satu laga setiap lima hari sekali selama satu tahun penuh!

Anda akan mengatakan pemain sepak bola kan sudah digaji miliaran rupiah setiap minggunya. Ya, tetapi mereka tetap saja manusia, bukan robot.

Dengan data di atas maka kita bisa menyimpulkan bahwa keinginan Erik ten Hag menekan gas dalam-dalam sepanjang tahun berakibat kelelahan sang kapten dan pahlawan tim sejak kedatangannya dari Sporting Lisbon pada 1 Februari 2020.

Rodrygo, Rodri, Lautaro Masuk Deretan Pemain Lelah Lainnya

Data ini dirilis oleh FIFPro atau Fédération Internationale des Associations de Footballeurs Professionnels, sebuah organisasi yang memperjuangkan kesejahteraan para pemain sepak bola profesional. Mereka selalu mengkampanyekan keseimbangan antara kerja rodi dan kualitas hidup si pemain.

Dari data yang sama diketahui, pemain paling capek berikutnya adalah Rodrygo dari Real Madrid dengan 70 pertandingan, kemudian Rodri Manchester City sama banyaknya dengan Lautaro Martinez Inter pada urutan ketiga. Masing-masing 68 laga.

Juga dengan turun sebanyak 68 pertandingan dalam 12 bulan terakhir adalah Luka Modric Real Madrid selain Eduardo Camavinga dari klub yang sama. Anda mungkin sudah bisa mengamati adanya penurunan performa yang sama dari bintang Kroasia tersebut.

Di bawah mereka ada nama-nama Bernardo Silva dari Man City, Gustavo Gomez dari klub Palmeiras di Brasil serta Marcus Rashford Manchester United, seluruhnya dengan 67 kali turun bermain dalam satu tahun terakhir.

Sebanyak enam pemain memiliki angka 66 pertandingan dalam 12 bulan terakhir. Mereka adalah Nicolo Barella Inter, Manuel Akanji Man City, Jhon Arias Fluminese di Brasil, Aurelien Tchouameni Real Madrid, Julian Alvarez Man City dan terakhir Oscar Castellanos Antigua.

Man United Sudah Derita 6 Kekalahan Dalam 10 Laga Terakhir

Kita hanya perlu melihat data hasil pertandingan Red Devils dalam 10 pertandingan terakhir di semua kompetisi untuk melihat betapa terpuruknya klub raksasa Premier League ini.

Mereka menderita 10 kekalahan, termasuk terakhir kalinya takluk 2-3 oleh tim Turki Galatasaray, dan sebelumnya kalah 0-1 oleh Crystal Palace di liga domestik.

Sebelum itu dihentikan oleh Bayern Munchen 4-3 pada laga perdana kompetisi Liga Champions, kekalahan 1-3 oleh Brighton, dan Arsenal 3-1 untuk menyebut beberapa contoh.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!