Tim Kejutan Brighton di Pot Ketiga, Berpeluang Satu Grup Dengan Ajax, Roma atau Villarreal

Gila Bola – Klub biru Brighton belum pernah main di kompetisi Eropa mana pun. Sekalinya lolos, the Seagulls kemungkinan besar satu grup dengan raksasa-raksasa Eropa seperti Ajax, Roma atau Villarreal.

Klub asuhan Robert De Zerbi itu membuat kejutan setelah untuk pertama kalinya dalam sejarah memastikan diri lolos ke kompetisi Eropa, usai menduduki ranking keenam klasemen akhir Liga Inggris 2022/23, satu posisi dan lima poin di bawah Liverpool.

Kini partisipasi pertama Brighton di Eropa akan diwarnai oleh tantangan yang sangat berat. Posisi tim biru yang rendah di mata UEFA, ya karena tidak pernah lolos ke kompetisi benua sejak pendirian klub pada tahun 1901, akan menyebabkan mereka berada di Pot Ketiga Liga Europa.

Siapa Sajakah di Pot Pertama Liga Europa? 

Drawing akan dilakukan pada 1 September 2023, setelah selesainya laga-laga play-off leg kedua yang akan menentukan sejumlah tempat terakhir untuk babak penyisihan grup Liga Europa.

Selain itu kompetisi ini juga bersiap menerima kedatangan beberapa tim yang tersingkir di play-off Liga Champions dan turun kasta. Kita tidak akan pernah tahu nama-namanya sampai sesudah play-off dua kompetisi ini, 31 Agustus dan 1 September.

Karena minimnya partisipasi Brighton di kompetisi Eropa sebelum ini, dengan 2023/24 menandai musim pertama si Burung Camar di level benua, tidak mengherankan jika mereka menempati posisi di Pot Ketiga. Sama sekali bukan tim unggulan.

Sejumlah tim yang sudah sering keluar-masuk kompetisi Eropa, seperti Liverpool, Ajax Amsterdam, AS Roma, Villarreal dan Atalanta dipastikan akan masuk di Pot Pertama atau posisi unggulan.

Nilai koefisien UEFA the Seagulls hanya 21 ribu sekian. Bandingkan itu dengan nilai 123 ribu yang dimiliki Liverpool, sebagian besar karena meraih trofi kuping besar pada 2019. Juga 97 ribu Roma setelah lolos sampai ke final Liga Europa musim kemarin, kalah oleh Sevilla.

Apakah Brighton Akan Satu Grup dengan Liverpool?

Aturan bilang, klub-klub dari asosiasi yang sama tidak boleh satu kelompok di tahap penyisihan grup. Karena kedua tim berasal dari Premier League maka tidak mungkin Brighton satu kelompok dengan Liverpool.

The Seagulls juga tidak mungkin satu grup dengan West Ham United. Tim arahan David Moyes ini memang hanya menduduki urutan 14 klasemen akhir Liga Inggris, tetapi mereka lolos ke penyisihan grup Europa League setelah merebut gelar juara Liga Konferensi, kasta ketiga kompetisi Eropa dari musim yang baru lewat. Mereka menang atas Fiorentina di final.

Itu menyebabkan besar kemungkinan pasukan Roberto De Zerbi itu satu grup dengan salah satu dari Villarreal, Roma, Atalanta atau Bayer Leverkusen. Seluruhnya, akibat nilai koefisien yang tinggi, berada di Pot Pertama.

Sporting Lisbon dengan 52.500 dan Rennes yang memiliki nilai koefisien 44.000 masih belum jelas apakah akan masuk ke Pot Pertama atau Kedua, tergantung nilai koefisien dari sisa tim yang datang dari play-off kompetisi ini, serta play-off Liga Champions.

Ajax belum secara resmi masuk Pot Pertama, tapi kemenangan 4-1 dari leg pertama lawan Ludogorets Razgrad, sebuah tim asal Bulgaria, membuat mereka dalam posisi terkuat untuk lolos ke tahap grup. Leg kedua akan dimainkan di Johan Cruyff Arena di Amsterdam, Belanda.

Kategori: Internasional
Topik: Gilabola.com, Brighton & Hove Albion, Liga Europa