Timnas Australia Dibuat Frustrasi, Siap Tingkatkan Permainan di Laga Kedua Piala Asia 2023

Gila BolaTimnas Australia harus tingkatkan permainan walau membuka ajang Piala Asia 2023 dengan kemenangan 2-0 atas India akhir pekan ini.

The Socceroos dibuat frustrasi dengan ketatnya pertahanan India dan ketidakmampuan mereka dalam menyelesaikan peluang, meskipun akhirnya Jackson Irvine dan Jordan Bos berhasil membawa Australia menang dan memimpin klasemen sementara Grup B, setelah Uzbekistan dan Suriah bermain imbang tanpa gol.

“Saya harus memberi penghargaan kepada India atas tekad dan perjuangan keras mereka. Mereka pertaruhkan tubuh mereka (untuk memblokir upaya Australia). Kami punya beberapa peluang di kotak penalti yang harusnya bisa menjadi gol, tapi mereka dengan sigap memblokirnya,” tandas pelatih Timnas Australia, Graham Arnold, seperti dilansir dari situs resmi AFC.

“Di kubu kami, mungkin ada semangat yang sedikit berlebihan dan ketidaksabaran dalam memulai turnamen ini. Di babak pertama, kami tunjukkan kepada mereka mengenai bagaimana lakukan sesuatu dengan lebih baik, dan kami berhasil sampai di sana,” tambahnya.

Timnas Australia Terbuka Tingkatkan Permainan di Laga-laga Berikutnya

Arnold pun tegaskan, bukan tak mungkin dirinya akan berusaha meningkatkan permainan timnya untuk laga-laga berikutnya.

“Jujur saja, saya bisa katakan, kami harus tingkatkan permainan kami – lebih dari sekedar bola-bola mati. Ini kekecewaan kami dengan peluang bola-bola mati yang kami dapatkan, karena kami bekerja keras untuk itu, dan di situlah kekuatan kami,” tegas Arnold.

“Namun, sekali lagi, kami harus beri penghargaan kepada Timnas India. Cara mereka mengatur tendangan bebas dan sepak pojok, kami tak punya banyak variasi, itulah sesuatu yang harus kami perbaiki, dan kami pasti akan melakukannya,” tambahnya.

Dua Gol Timnas Australia Tercipta Karena Kesalahan India

Sedangkan pelatih India, Igor Stimac, menyatakan timnya menjadi pihak yang harus disalahkan untuk dua gol yang berhasil dibukukan Australia dalam laga yang digelar di Stadion Al Rayyan tersebut.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

“Kami sudah memperkirakan kami akan hadapi pertandingan yang sangat sulit dengan kemampuan fisik yang dimiliki Australia, dan penderitaan yang kami alami dari semua sudut. Namun, kedua gol lawan datang dari kecerobohan kami, bukan karena upaya dan kehebatan tim Australia,” ujar pelatih asal Kroasia tersebut.

Sebagai pelatih, Stimac mengaku senang karena tim India asuhannya berhasil menahan imbang Australia, bahkan berhasil mengancam lawan dengan peluang terbaik di babak pertama.

India Siap Bermain Lebih Baik di Sisa Laga Fase Grup Piala Asia 2023

Sayangnya, diakui Stimac, timnya bermain tak sebaik di babak pertama. Timnya tak bisa keluar untuk menekan lawan, tak bisa sodorkan umpan dan lewati garis tengah, karena timnya harus bekerja keras di area sendiri.

“Secara keseluruhan saya senang, walau itu sulit dikatakan karena kami kalah di pertandingan itu, tapi yang kami hadapi adalah Australia dan akan berusaha menatap ke depan untuk bisa lalui dua pertandingan berikutnya, sekarang kompetisi kami sudah dimulai,” ujarnya.

Selanjutnya, Timnas India akan bertemu Uzbekistan pada Kamis (18/1) malam pukul 21.30 WIB, dan Australia hadapi Suriah pada Kamis sore.