Timnas Belgia Bidik Joachim Low Jadi Pelatih Baru

Gila Bola – Timnas Belgia membidik mantan pelatih kepala Jerman, Joachim Low, untuk membidani Die Roten Teufel jelang bergulirnya kualifikasi Euro 2024.

Siapa yang tak kenal Joachim Low? Semua fans Jerman pastinya tahu siapa dia, yang pernah mengasuh Die Mannschaft sejak tahun 2006 hingga 2021. Timnas Jerman pun bermain bagus di bawah asuhannya, di mana Low sukses membawa Jerman menyabet trofi Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak Jerman bersatu.

Segalanya menurun setelah Jerman memenangkan Piala Konfederasi di tahun 2017. Timnas Jerman tersingkir di fase grup Piala Dunia 2018 dan di babak 16 besar Euro 2021, hingga Joachim Low akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri.

Posisi Joachim Low kemudian digantikan mantan pelatih Bayern Munchen, Hansi Flick. Namun, kini, ‘Jogi’ kemungkinan akan kembali beraksi bersama Timnas Belgia.

Menurut laporan Niewusblad Belgium yang dilansir Bavarian Football Works, Joachim Low ramaikan bursa pelatih Timnas Belgia.

Tiga Pelatih Lain Juga Dikaitkan dengan Timnas Belgia

Sebelumnya ada nama mantan pelatih Tottenham Hotspur dan PSG, Mauricio Pochettino, serta mantan manajer Chelsea dan Marseille, Andre Villas-Boas, yang disebut-sebut berpeluang mengisi posisi yang ditinggalkan Roberto Martinez yang hengkang setelah Belgia tersingkir di fase grup Piala Dunia 2022.

Namun, sebelumnya juga ada nama mantan bintang Arsenal, Thierry Henry, yang dijagokan bakal menjadi pengganti Roberto Martinez.

Diungkapkan Football.London, Henry mengaku siap kembali ke manajemen sepak bola di tengah-tengah beredarnya kabar bahwa ia akan mengisi posisi pelatih kepala Timnas Belgia.

Thierry Henry Berharap Teruskan Kerja Martinez

Di Piala Dunia 2022, secara kebetulan Henry menjadi bagian dari staf pelatih Belgia di turnamen tersebut. Ia menjadi tangan kanan Martinez – sebuah posisi yang ditinggalkannya pada tahun 2018, sebelum akhirnya kembali ke Belgia pada tahun 2021.

Di antara tahun 2018 hingga 2021, Henry jalani karir sebagai pelatih di AS Monaco dan Montreal Impact. Kini, ia telah mengatakan pada Asosiasi Sepak Bola Belgia (RBFA) bahwa ia bersedia mengambil alih peran sebagai pelatih kepala secara penuh menggantikan Martinez, jika RBFA menganggap dirinya pas untuk jabatan tersebut.

Henry Tak Masalah Dibayar Murah di Timnas Belgia

Media Belgia HLN memberitakan, Henry juga siap menerima gaji lebih rendah dari gaji yang diterima Martinez, agar kesempatannya mengasuh Belgia makin terbuka.

Pelatih berusia 45 tahun itu bahkan telah berikan semua penghasilannya di tahun 2022 untuk amal – di mana ia diyakini kantongi gaji sekitar 88 ribu Poundsterling atau setara dengan Rp 1,6 miliar.

Manajer Timnas Belgia yang berikutnya kemungkinan akan kantongi penghasilan kurang dari itu, dan kemungkinan tersebut tak menjadi sesuatu yang dikhawatirkan Henry.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita sepak bola! Untuk bergabung klik di sini gibolers!