Timnas Indonesia Bisa Lolos dari Fase Grup Piala Asia 2023? Shin Tae-yong Ungkap Rahasianya

Gila BolaTimnas Indonesia tetap berpeluang lolos dari fase grup Piala Asia 2023. Optimisme itu terungkap saat sang pelatih, Shin Tae-yong, beberkan rahasianya jelang turnamen tersebut bergulir.

Elkan Baggott dan kawan-kawan masuk dalam Grup D dan harus hadapi tim-tim berat; Vietnam, Jepang dan Irak.

Namun, sekali lagi, Shin Tae-yong ungkap rasa optimismenya jelang turnamen ini bergulir dan yakin Indonesia bisa lolos dari fase grup. Padahal tim asuhannya baru saja alami tiga kekalahan beruntun di uji coba melawan Libya dan Iran.

Saat menggelar pemusatan latihan di Turki, skuad Garuda kalah dua kali dari Libya, masing-masing dengan skor 0-4 dan 1-2. Lalu, seakan tak ada perbaikan, Indonesia kalah lagi dari Iran dengan skor lebih telak, 0-5.

Dari rentetan uji coba tersebut, Iran menjadi lawan terberat bagi Indonesia karena mereka bertengger di peringkat 21 dunia – dan menjadi yang tertinggi kedua di Asia setelah Jepang.

Shin Tae-yong Optimis Banget Indonesia Bisa Lolos dari Fase Grup!

Namun, diungkapkan Shin Tae-yong, Indonesia tetap berpeluang melaju ke babak 16 besar jika berhasil bukukan satu kemenangan, satu kali imbang dan minimal hanya kalah satu kali.

Itulah yang harus dikejar tim Merah Putih di fase grup Piala Asia 2023 ini, demikian ungkap pelatih asal Korea Selatan dalam wawancaranya dengan Sports Seoul, seperti yang dilansir dari situs resmi Timnas Indonesia, Kamis (11/1).

Di ketiga pertandingan fase grup yang akan dimulai Indonesia pada 15 Januari, skuad Garuda harus menang atas Vietnam, lalu setidaknya menahan imbang Irak.

Sudah bisa dipastikan, kedua target ini dipastikan tak akan mudah, tetapi Shin Tae-yong terus mendorong para pemainnya untuk mewujudkan target tersebut.

Karena, dengan meraih satu kali menang dan sekali imbang, Indonesia akan kantongi empat poin dan itu cukup untuk membuat skuad Garuda bersaing, setidaknya untuk menjadi tim berperingkat ketiga terbaik.

Shin Tae-yong Ingin Bikin Kejutan di Piala Asia 2023 Bersama Timnas Indonesia

Lalu, bagaimana dengan Timnas Jepang? Shin Tae-yong menilai skuad Samurai Biru terlalu kuat dan kekalahan atas tim asuhan Hajime Moriyasu ini dinilai sudah diperhitungkan, walau ia tetap mendorong para pemainnya untuk meraih hasil terbaik saat hadapi Jepang.

Shin Tae-yong pun berencana untuk memberi kejutan bersama Timnas Indonesia, apalagi tim Merah Putih memang tak diperhitungkan dalam turnamen ini. Di antara para peserta Piala Asia 2023, harus diakui skuad Garuda memang memiliki ranking Fifa paling rendah.

Shin Tae-yong pun meminta timnya untuk tak lakukan banyak kesalahan di lapangan. Hal ini agar mereka benar-benar bisa memberi kejutan selama turnamen berlangsung.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!