Timnas Indonesia Imbang Kontra Tanzania, Shin Tae-yong Soroti Komunikasi Antarpemain

Gila Bola – Timnas Indonesia harus menutup training match melawan Tanzania dengan skor imbang, 0-0, Minggu (2/6) sore ini. Pelatih Shin Tae-yong pun berikan pernyataannya usai laga tersebut.

Training match melawan Tanzania ini sendiri digelar Indonesia jelang dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Irak dan Filipina di bulan ini. Skuad Garuda hanya butuh tiga poin untuk melaju ke putaran ketiga babak kualifikasi tersebut.

Di laga melawan Tanzani, skuad Shin Tae-yong sebenarnya berhasil tunjukkan penampilan menekan dan mampu mengancam gawang lawan. Beberapa peluang tercipta – melalui aksi Shayne Pattynama, Thom Haye, Rafael Struick dan Egy Maulana, tapi upaya itu tak ada yang membuahkan hasil.

Bukan itu saja, Shin Tae-yong juga menjajal hampir semua pemainnya, ia lakukan pergantian 10 dari 11 pemain starternya, termasuk kiper Ernando Ari, dan hanya Rizky Ridho yang bermain full selama 90 menit.

Meskipun tim asuhannya gagal mencetak gol – walau cukup mendominasi dan beberapa kali mengancam pertahanan lawan, Shin Tae-yong mengaku tak ingin ambil pusing dengan skor kacamata yang dibukukan timnya. Menurut pelatih asal Korea Selatan tersebut, hasil bukan sesuatu yang penting baginya.

Dalam training match melawan Tanzania ini, menurut Shin Tae-yong dirinya hanya ingin melihat kondisi para pemainnya, sebelum mereka bertemu Irak dan Filipina. Namun, diakui pelatih berusia 53 tahun itu, timnya masih memiliki beberapa kekurangan, di antaranya sentuhan pada bola dan komunikasi antarpemain.

Tentu saja, setelah laga ini Shin Tae-yong akan lakukan evaluasi, termasuk penampilan para pemainnya di laga kontra Tanzania. Soal kurangnya sentuhan pada bola dan komunikasi antarpemain itulah yang akan segera dievaluasi Shin Tae-yong.

Dalam training match hari ini, Indonesia punya peluang terbaik tepat di menit ke-70. Egy Maulana Vikri yang berusaha memanfaatkan umpan Marselino harus melihat tendangan jarak dekatnya hanya membentur mistar gawang Tanzania.

Justin Hubner juga nyaris mencetak gol yang bahkan bisa memicu gol bunuh diri pemain lawan di menit 83. Sayangnya bola yang berusaha dihalau pemain Tanzania tetap meluncur ke arah gawangnya sendiri itu, masih melebar.

Pratama Arhan juga punya meluang emas di masa injury babak kedua, ketika ia tengah berusaha memanfaatkan umpan Yakob Sayuri di depan gawang Tanzania. Namun, upayanya tak juga membuahkan gol untuk Indonesia.

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan lakoni laga melawan Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, pada 6 Juni. Lalu, pertemuan skuad Garuda dengan Filipina yang akan digelar di stadion yang sama dijadwalkan pada 11 Juni 2024.