Timnas Indonesia Sukses Catatkan Statistik Luar Biasa, Sekaligus Perbaiki Peringkat Fifa

Gila BolaTimnas Indonesia berhasil lolos ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia setelah kembali kalahkan Brunei di laga leg kedua putaran pertama dengan skor fantastis, 6-0.

Elkan Baggott dan kawan-kawan kembali tunjukkan permainan gemilang meski berlaga di kandang lawan. Setelah menutup laga di babak pertama dengan koleksi tiga gol tanpa balas, tim asuhan Shin Tae-yong itu kembali amankan setengah lusin gol atas lawan yang sama.

Selama laga berlangsung, statistik yang tercatat pun tak main-main. Timnas Indonesia berhasil unggul di semua catatan statistik.

Hadapi Brunei yang agregatnya sudah tertinggal 0-6, tim Merah Putih sama sekali tak kendurkan permainan mereka. Seperti ungkapan Shin Tae-yong sebelumnya, timnya tak akan lengah dan akan terus menyerang di kandang lawan.

Hasilnya, Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan sukses sodorkan 23 tembakan, di mana 11 di antaranya on target. Catatan ini jauh di atas tuan rumah yang hanya bisa lakukan 12 tembakan dan hanya dua yang on target.

Rata-rata penguasaan bola anak asuh Shin Tae-yong pun jauh dibandingkan tuan rumah, yakni 80 persen berbanding 20 persen.

Shin tae-yong sendiri diberitakan optimistis anak asuhnya lolos ke putaran kedua sejak setelah mereka menang telak 6-0 di leg pertama. Selanjutnya, di putaran kedua Indonesia akan bergabung di Grup F yang telah diisi Vietnam, Irak dan Filipina.

Timnas Indonesia Perbaiki Peringkat Fifa

Usai dua kemenangan telak atas Brunei, posisi Timnas Indonesia di Ranking Fifa pun terdongkrak ke posisi 145 dunia. Sebelum laga leg pertama, Timnas Indonesia berada di posisi 147 dunia.

Lalu, diungkapkan football-ranking.com, kemenangan 6-0 atas Brunei di leg ke-1 pada 12 Oktober, membuat skuad Garuda naik satu peringkat ke urutan 146 dunia, dengan 1,061.53 poin, menggeser St Kitts and Nevis.

Lalu, setelah kembali menang telak 6-0 atas skuad Brunei Darussalam, Selasa (17/10) malam, Indonesia mendapat tambahan 8,29 poin, dan koleksi poin Indonesia pun bertambah menjadi 1069,82 poin. Perolehan ini sukses menggeser Eswatini dari peringkat 145 dunia.

Bulan ini Eswatini kehilangan 2,55 poin dalam ranking FIFA mereka, setelah bermain dengan skor kacamata melawan Timnas Afrika Selatan dan kalah 1-2 dari Bostwana di sebuah pertandingan persahabatan.

Timnas Suriname menjadi negara yang berada tepat di atas Timnas Indonesia dalam daftar peringkat Fifa. Mereka berada di posisi 144 dengan koleksiĀ 1,071.85 poin.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!