Shin Tae-yong Cetak Sejarah, Loloskan 3 Level Timnas Indonesia ke Piala Asia!

Gila BolaShin Tae-yong telah mengukir sejarah bersama timnas Indonesia. Ia menjadi pelatih pertama yang meloloskan 3 level timnas Indonesia ke Piala Asia.

Pelatih sepak bola asal Korea Selatan dipercayakan tangani timnas Indonesia pada 1 Januari 2020. Sejak saat itu, ia mampu membangun Skuad Garuda dari tim muda sampai senior.

Hasilnya, Shin Ta-yong berhasil loloskan timnas Indonesia ke Piala Asia U-20. Sayang turnamen yang digelar pada bulan Maret 2023, Garuda Muda yang berada di Grup A gagal lolos. Hal ini usai Indonesia cuma mengemas 4 poin dan kalah selisih gol dari Irak.

Sementara untuk membawa timnas Indonesia senior ke Piala Asia 2023 tak mudah. Skuad Garuda asuhan Shin Tae-yong harus melewati babak kualifikasi. Sedangkan di putaran ketiga segrup bersama Yordania, Kuwait, dan Nepal. Sedangkan mereka lolos usai jadi salah satu lima runner-up terbaik. Pada Piala Asia 2023 Qatar, Indonesia segrup bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

Ukir Sejarah Bersama Timnas Indonesia U-23

Dari tiga level yang berhasil diloloskan oleh Shin Tae-yong bersama timnas IndonesiaU-23 paling berkesan. Bagaimana tidak, di bawah asuhannya Garuda Muda untuk pertama kalinya dalam sejarah bermain di Piala Asia U-23.

Pada kualifikasi sebelumnya, timnas Indonesia U-23 selalu gagal sejak turnamen dimulai pertama kalinya pada 2013. Sementara mereka lolos usai menjadi juara Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Timnas Indonesia berhasil menang telak 9-0 melawan Chinese Taipei. Pada laga kedua, timnas Indonesia U-23 menang dengan skor 2-0 atas Turkmenistan. Menariknya, Indonesia lolos dengan catatan clean sheet dan mengemas 11 gol.

Cuma Satu yang Kurang

Meski sudah berhasil membawa 3 level timnas Indonesia ke Piala Asia, tetapi Shin Tae-yong belum bisa melengkapi kariernya bersama timnas.

Pasalnya, Shin Tae-yong belum bisa memberikan gelar juara untuk timnas Indonesia sejak ia ditunjuk tangani skuad Garuda pada 2020.

Dengan demikian, ia masih punya peluang memberikan gelar di Piala Asia bersama timnas senior dan timnas Indonesia U-23. Selain itu, masih memilki peluang berikan trofi di Piala AFF.

Shin Tae-yong Libas 2 Kali Turkmenistan 

Pada bulan September 2023 ini, Shin Tae-yong punya jadwal yang padat. Pasalnya harus berbagi waktu untuk laga FIFA Matchday dan Timnas Indonesia U-23di kualifikasi Piala Asia. Menariknya, lawan yang dihadapi adalah Turkmenistan senior dan U-23.

Hasilnya, timnas Indonesia senior menang dengan skor 2-0 di FIFA Matchday pada hari Jumat (8/9). Sedangkan bersama tim U-23 menang dengan skor yang sama kontra Turkmenistan, Selasa (12/9) malam WIB.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!