Timnas Indonesia Tanpa Sejumlah Bintang Hadapi Turkmenistan di Fifa Matchday Bulan Ini

Gila Bola – Timnas Indonesia akan menjamu Turkmenistan di Fifa Matchday bulan ini di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (8/9) malam. Namun skuad Garuda dipastikan tak akan diperkuat sejumlah bintang selama ini jadi andalan Shin Tae-yong.

Sebagian pemain Timnas Indonesia absen melawan Turkmenistan, karena mereka juga harus membela tim U23. Karena itulah, tak akan ada Marselino Ferdinan, Pratama Arhan, Elkan Baggott maupun Rafael Struick di laga nanti.

Meski demikian skuad Garuda Nusantara diyakini tetap memiliki para pemain berkualitas yang bisa diandalkan di lapangan.

Dalam laga melawan Turkmenistan nanti, Stefano Lilipaly yang bermain gemilang di Borneo FC musim ini, kemungkinan besar akan jadi andalan di lini depan skuad Shin Tae-yong. Di samping itu, pelatih asal Korea Selatan itu juga bisa berdayakan Jordi Amat maupun Asnawi Mangkualam.

Jelang pertandingan melawan Turkmenistan ini, Timnas Indonesia juga memanggil tiga pemain yang berpeluang memulai debutnya di laga ini. Mereka adalah Wahyu Prasetyo, Aji Kusuma dan Ryan Kurnia.

Peringkat Turkmenistan Jauh di Atas Timnas Indonesia

Dalam pertemuan ini, skuad Garuda Nusantara akan hadapi Turkmenistan yang berada di urutan 135 ranking Fifa – 20 peringkat di atas Indonesia yang bertengger di urutan 155.

Di samping itu, sebelum laga ini, skuad Garuda Nusantara tak pernah menang di tiga pertandingan sebelumnya, di mana skuad asuhan Shin Tae-yong itu amankan hasil imbang saat hadapi Palestina dan Burundi, lalu kalah dari Timnas Argentina.

Meski demikian, Indonesia tak perlu berkecil hati hadapi Turkmenistan, karena mereka pun tak berhasil torehkan prestasi gemilang belakangan ini. Tim asuhan Mergen Orazow itu bahkan sudah alami empat kali hanya dan hanya sekali imbang di lima laga terakhir.

Timnas Indonesia Sebelumnya Sudah Empat Kali Bertemu Turkmenistan

Timnas Indonesia sebelumnya sudah empat kali bertemu Turkmenistan, dan memiliki catatan cukup gemilang. Pasalnya, skuad Garuda berhasil menang dua kali, sekali imbangg dan kalah satu kali.

Namun, terakhir, skuad Garuda Nusantara bertemu Turkmenistan sekitar sembilan atau malah 10 tahun silam, yakni di sebuah laga Kualifikasi Piala Dunia 2014.

Ketika itu, skuad Karakum Warriors tersebut kalah 3-1 saat laga berlangsung di Indonesia, lalu mereka menang dengan skor sama saat laga digelar di Turkmenistan di tahun yang sama.

Adapun Skuad Timnas Indonesia untuk Fifa Matchday di bukan September 2023 adalah:

Kiper: Nadeo Argawinata, Syahrul Trisna Fadillah, Reza Arya Pratama;

Bek: Jordi Amat, Yance Sayuri, Asnawi Mangkualam, Fachruddin Wahyudi, Sandy Walsh, Edo Febriansah, Andy Setyo, Wahyu Prasetyo, Shayne Pattynama;

Gelandang: Rachmat Irianto, Adam Alis, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, Marc Klok, , Ryan Kurnia, Yakob Sayuri, Ricky Kambuaya;

Penyerang: Stefano Lilipaly, Aji Kusuma,  Dimas Drajad, Dendy Sulistyawan.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!