Timnas Inggris Minus Lima Bintang Manchester United dan Chelsea di Kualifikasi Euro 2024

Gila Bola – Lima bintang Manchester United dan Chelsea akan absen dari skuad Timnas Inggris di kualifikasi Euro 2024.

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, segera umumkan nama-nama pemain yang akan dipanggil untuk kualifikasi Euro 2024, setelah pelatih The Three Lions itu hadapi masalah dalam seleksi pemain.

Timnas Inggris akan bertemu Malta dan Makedonia Utara di bulan Juni, dan Southgate akan umumkan nama-nama pemain dalam skuadnya di hadapan media pada Rabu (24/5) siang waktu setempat.

Di laga-laga tersebut, Timnas Inggris akan bertanding tanpa beberapa pemain penting yang biasa dipanggil Southgate, di antaranya tanpa lima pemain dari Manchester United dan Chelsea.

Diketahui bahwa para pemain asal Inggris di Manchester City akan mendapat waktu istirahat setelah mereka bertarung di final Liga Champions melawan Inter Milan pada 10 Juni 2023 – hanya ada waktu sembilan hari sebelum laga kualifikasi Timnas Inggris yang pertama melawan Malta di Valetta.

Dengan demikian para pemain seperti Kyle Walker, Kalvin Phillips, Phil Foden dan John Stones akan mendapat ijin untuk tak memperkuat tim nasional kali ini dan habiskan jeda musim untuk berlibur.

Penggawa Manchester City Absen, Southgate Beri Kesempatan Pemain Lain yang Sudah Mengantri

Situasi itu membuat Southgate akan lakukan eksperimen dengan datangkan beberapa pemain yang telah menunggu giliran mereka untuk membela tim nasional, meskipun beberapa di antaranya tengah cedera.

Bintang Liverpool, Trent Alexander-Arnold, kemungkinan akan mengambil manfaat dari absennya Walker di Timnas Inggris kali ini, sementara Ben White telah ‘didekati’ untuk kembali.

Namun, seperti biasa, ada beberapa pemain yang akan absen dari Timnas Inggris karena penampilan mereka yang kurang mendukung.

Berikut ini lima pemain Manchester United dan Chelsea yang bisa absen dari Timnas Inggris saat Southgate putuskan skuad akhirnya, seperti dilansir Express:

Jadon Sancho

Sancho belum bermain lagi untuk Inggris sejak mereka menang 5-0 atas Andorra pada bulan September 2021, tak lama setelah ia pindah ke Old Trafford.

Pemain berusia 22 tahun itu hadapi periode yang sulit bersama Setan Merah, dan jarang dimainkan Erik ten Hag, walaupun dia sukses mencetak lima gol di Liga Premier musim ini.

Sebenarnya ada peningkatan dalam sikapnya sejak ia kembali usai lama menepi, di mana Sancho juga tampak segar setelah kembali beraksi di lapangan. Namun, Southgate tampaknya enggan memilih mantan bintang Borussia Dortmund yang memiliki banyak bakat menyerang itu.

Aaron Wan-Bissaka

Dengan Reece James yang tengah cedera dan masa depan karir internasional Alexander-Arnold yang tak jelas, Wan-Bissaka harusnya bisa berharap karirnya di United bisa mendukung karirnya di tim nasional.

Namun apapun alasannya, Southgate tak pernah memanggil pemain 26 tahun ini, bahkan setelah ia pindah dari Crystal Palace pada tahun 2019. Para pemain seperti Kyle Walker bahkan sudah beberapa kali dipanggil Southgate.

Tampaknya ada sedikit yang bisa dilakukan Wan-Bissaka untuk mengubah rencana pelatih Inggris tersebut, dan itu kejutan besar jika dia mendapat kesempatan langka di laga melawan Malta dan Makedonia Utara.

Mason Mount

Bintang Chelsea yang satu ini sudah menepi karena masalah perut sejak bulan Maret,  dan hanya bermain sebentar saja di laga melawan Real Madrid, sebelum akhirnya klub putuskan untuk memberinya waktu beristirahat yang cukup lama untuk hindari cedera yang lebih parah.

Namun, hal itu hanya menutupi gangguan dan kekecewaan Mount, di mana masa depannya di Chelsea yang meragukan telah memengaruhi permainannya di lapangan. Bintang berusia 24 tahun itu bahkan hanya mencetak tiga gol di Liga Premier musim ini, sementara ia sukses bukukan dua digit gol dan assist musim lalu.

Southgate sebenarnya telah memuji permainan gelandang itu dalam beberapa kesempatan, tapi dia bahkan sulit untuk berikan tempat bagi Mount di skuadnya, meskipun dia berada dalam kondisi fit.

Sebaliknya, Southgate malah bisa memberi kesempatan kepada rekan satu tim Mount di Chelsea; Conor Gallagher, atau kemungkinan juga pemain Crystal Palace, Ebere Eze, dengan absennya Mount.

Reece James

Seperti halnya Mount, James juga mendapat waktu istirahat dari pelatih Frank Lampard karena mengalami masalah hamstring. Absennya James pun membuat slot bek kanan terbuka untuk Walker-Peters dan Ben White.

Pemain berusia 23 tahun ini mengalami cedera otot paha dan hamstring di paruh kedua musim ini, di mana cedera lutut sebelumnya telah membuatnya absen di Piala Dunia Qatar akhir tahun lalu.

Dia bisa menantang Kieran Tripper untuk spot starting XI jika benar-benar fit. Namun, kebugaran James musim ini benar-benar sulit dipastikan dan dia kemungkinan akan kembali absen bulan depan.

Ben Chilwell

Ia menjadi salah satu bek terbaik di Liga Premier sebelum ditraik keluar akibat masalah hamstring di laga melawan Bournemouth.  Chilwell tentunya bertekad untuk segera pulih, karena dia tahu dia bisa absen di laga-laga ini.

Pemain berusia 26 tahun itu menjadi salah satu pemain yang bersinar di paruh kedua musim ini, sampai akhirnya dia kembali mengalami cedera.

Meski demikian, absennya Chilwell setidaknya bisa ‘membantu’ Southgate dalam memilih, Chilwell atau Luke Shaw, yang juga tampilkan permainan tingkat tinggi di Manchester United.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!