Tinggalkan Qatar, Timnas Indonesia Sudah Ditunggu Jadwal Kualifikasi Piala Dunia

Gilabola.com – Perjuangan Timnas Indonesia untuk berada selama mungkin di Piala Asia kali ini akhirnya terhenti di babak 16 besar setelah kalah dari Australia. Namun jadwal penting lainnya sudah menunggu skuad Shin tae-yong tersebut tahun ini.

Meskipun harus angkat koper dari Qatar di awal perjuangan mereka di babak sistem gugur, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan tetap menyisakan kebanggaan. Bahwa ini menjadi kali pertama skuad Garuda berhasil lolos dari fase grup setelah lima kali keterlibatan tim di turnamen empat tahunan ini.

Sekecil apapun perjuangan tim untuk mengharumkan nama Indonesia tentunya patut diacungi jempol. Skuad Shin Tae-yong yang sebagian di antaranya berisi pemain naturalisasi, sejauh ini menjadi tim dengan banyak pemain muda yang tentunya masih butuh pengalaman bertanding untuk bisa bersaing.

Di fase Grup D, Indonesia hanya berhasil menang satu kali di laga melawan Vietnam, dengan skor tipis, 1-0. Lalu, kalah dari Irak dan Jepang dengan skor sama, 1-3. Di babak 16 besar, skuad Garuda tak mampu hadapi gempuran Australia yang merupakan juara Grup B dan kandas dengan skor telak, 0-4.

Walau kalah telak, penampilan Rafael Struick dan kawna-kawan cukup memuaskan karena mereka sudah tunjukkan permainan maksimal di lapangan. Sayangnya, menurut Shin Tae-yong, ada faktor unlucky goal dari pemain Indonesia yang nyelonong ke gawang sendiri.

Shin Tae-yong Yakin Timnas Indonesia akan Lebih Matang di Piala Asia 2027

Pelatih asal Korea Selatan itu mengakui, kalau saja gol bunuh diri Elkan Baggott itu tak terjadi, barangkali permainan skuad Garuda akan berbeda.

Meski demikian Shin Tae-yong sangat berterima kasih kepada para pemainnya dan lega menyaksikan permainan tim Merah Putih di laga melawan Australia pada Minggu (28/1) malam.

Selanjutnya, Piala Asia akan berlangsung pada tahun 2027, dan Timnas Indonesia yang saat ini mayoritas diisi para pemain muda akan lebih matang saat tampil di turnamen tersebut.

Timnas Indonesia Sudah Ditunggu Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2026

Setelah pulang lebih awal dari perhelatan Piala Asia yang berlangsung sejak 12 Januari hingga 10 Februari 2024, skuad Shin Tae-yong sudah ditunggu jadwal berikutnya yang akan jatuh di bulan Maret.

Indonesia akan kembali bertemu Vietnam – tim yang dikalahkan Indonesia di fase grup Piala Asia, di dua leg pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, yakni pada 21 dan 26 Maret 2024.

Di kualifikasi Piala Dunia 2026 tersebut, Indonesia bertengger di posisi juru kunci Grup F di bawah Irak, Vietnam dan Filipina. Di posisi ini Indonesia baru kantongi satu poin dari hasil imbang 1-1 melawan Filipina, dan kalah telak 1-5 dari Irak.

Meski demikian, Indonesia masih memiliki peluang untuk memperbaiki posisi di Grup F, karena masih ada empat pertandingan lagi yang akan dimainkan. Selain dua kali hadapi Timnas Vietnam pada bulan Maret, Indonesia juga memiliki jadwal laga melawan Irak dan Filipina di bulan Juni 2024.