Tolak Borussia Dortmund, Persija Jakarta Pilih Laga Persahabatan Kontra Klub Korea Selatan

Persija Jakarta tolak kesempatan bertemu dengan Borussia Dortmund akhir tahun ini, demi menggelar laga persahabatan melawan sebuah klub Korea Selatan.

Klub Bundesliga itu akan menggelar tur ke Asia selama jeda Piala Dunia 2022 pada bulan November, dan semula memilih Persija Jakarta sebagai lawan tanding mereka.

Namun, tim Macan Kemayoran itu sudah terlebih dulu memiliki jadwal laga uji coba dengan sebuah tim asal Korsel di waktu yang sama, hingga Borussia Dortmund kemudian menjadwalkann pertandingan melawan Persib Bandung dan Persebaya Surabaya sebagai bagian dari tur tersebut.

Hubungan antara pelatih kepala Persija Jakarta, Thomas Doll, dan Borussia Dortmund menjadi alasan kuat di belakang peluang tim ibukota itu menjadi salah satu lawan tanding Die Borussen di akhir tahun ini.

Advertisement
KaikoSlot
KaikoSlot

Borussia Dortmund sebelumnya pernah datang ke Indonesia pada tahun 2007, di mana saat itu mereka masih diasuh Thomas Doll dan BVB menang 1-0 atas Timnas Indonesia di Jakarta. Ketika itu, Dortmund menang lewat eksekusi penalti Mladen Petric.

Promotor yang berada di belakang kedatangan Borussia Dortmund ke Indonesia kali ini, NineSport, mengetahui koneksi ini dan mencoba menghubungi Persija guna melangsungkann laga persahabatan. Namun, Persija menolak tawaran tersebut, hingga membuat NineSport beralih mengundang Persib dan Persebaya untuk hadapi klub yang pernah delapan kali menjadi juara Bundesliga tersebut.

Sementara Doll ingin menyaksikan timnya saat ini bertemu dengan bekas tim asuhannya, BVB, ternyata petinggi tim Macan Kemayoran sudah lebih dulu memiliki janji dengan sebuah klub Korea Selatan untuk menggelar laga persahabatan di waktu yang sama, sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-94 Persija, tepatnya pada 28 November.

Adapun klub Korsel yang akan dihadapi Persija di Jakarta, adalah klub yang pernah dua kali memenangkan trofi Liga Champions Asia, Jeonbuk Hyundai Motors.

Diungkapkan Football-Tribe, raksasa K-League dan Persija memang telah memiliki program kerja sama sejak tahun 2017 yang memudahkan kedua tim mengatur jadwal laga persahabatan mereka pada akhir musim kompetisi sepak bola di Korea Selatan.

Musim ini mereka bertengger di urutan kedua papan klasemen K-League 1 Рlima poin di belakang pemimpin klasemen, Ulsan Hyundai, dan belum lama ini tersingkir di semifinal Liga Champions Asia 2022 setelah dikalahkan klub Jepang, Urawa Red Diamonds.

Jeonbuk sendiri diperkuat mantan bintang Reading dan Swansea City, Modou Barrow, serta membanggakannya sebagai pemain berbahaya mereka.

Selain itu mereka juga diperkuat beberapa pemain maupun mantan pemain internasional Korsel seperti Hong Jeong-ho, Kim Jin-su, Kim Moon-hwan, Paik Seung-ho, Cho Gue-sung, Song Min-kyu, dan Moon Seon-min.

BANDARTOGEL77