Torres, Kounde dan Balde Selamatkan Barcelona, Juga Nasib Xavi

Gila Bola – Ferran Torres dan Jules Kounde serta Alejandro Balde menjadi tiga pemain yang bukan saja menyelamatkan Barcelona di ajang Copa del Rey, tetapi juga karir sang pelatih, Xavi Hernandez.

Blaugrana turun bermain di kandang Unionistas de Salamanca pada Jumat dinihari (19/1) tanpa kehadiran sejumlah bek senior. Dan itu segera terlihat saat mereka kebobolan gol dari tim divisi ketiga itu.

Pertandingan 16 besar Copa del Rey di Stadion Reina Sofia baru berjalan 30 menit saat sebuah umpan lambung jarak jauh dikirimkan oleh Juan Serrano dari sisi kiri lapangan ke sisi kanan kotak penalti. Di sana Alvaro Gomez masuk dan melepaskan tendangan first-time. Tidak bisa dihentikan oleh Inaki Pena.

Beberapa detik sebelum babak pertama berakhir, Ferran Torres menyamakan skor 1-1, dengan bantuan assist dari Joao Felix.

Pergantian Pemain Barcelona Terbukti Efektif

Setelah paruh kedua dimulai, Xavi cepat-cepat melakukan pergantian, memasukkan Pau Cubarsi yang masih berumur 16 tahun guna menggantikan Andreas Christensen.

Itu terbukti menjadi pergantian yang tepat setelah Cubarsi kemudian menyediakan assist untuk gol kedua dari Jules Kounde dan kemudian Alejandro Balde menjauhkan jarak.

Skor 1-3 di kandang Unionistas tidak berubah sampai akhir, mengirim pasukan Xavi melaju ke perempat final Piala Raja Spanyol musim 2023/24.

Pertandingan berjalan di bawah kekuasaan dan dominasi tim tamu, mencapai 31 berbanding 69 persen dalam hal penguasaan bola. Namun Unionistas masih bisa melepaskan tiga serangan tepat sasaran berbanding tujuh milik Blaugrana.

Unionistas Tim Kejutan, Imbangi Villarreal

Tim asal Salamanca itu merupakan tim dengan pangkat paling rendah yang tersisa sejauh ini, berasal dari divisi ketiga sepak bola Spanyol.

Namun mereka membuat kejutan dengan menyingkirkan Villarreal di tahap 32 besar sebelum ini, menahan imbang tim El Submarino Amarillo itu 1-1 selama 120 menit, sebelum menang dengan adu penalti.

Gol Alvaro Gomez yang terjadi menit 30 juga terasa mengejutkan dan sempat membuat cemas Xavi, yang terlihat grogi di pinggir lapangan usai gol tuan rumah itu.

Beruntung Ferran Torres, Kounde dan kemudian Balde berhasil membalaskan dengan gol-golnya dan meloloskan Blaugrana ke perempat final kompetisi.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!