Tottenham Hotspur Pastikan James Maddison Absen di Timnas Inggris Akibat Cedera Engkel

Gilabola.com – Tottenham Hotspur memastikan playmaker-nya, James Maddison, absen di Timnas Inggris pada jeda internasional bulan ini akibat cedera engkel.

Mantan bintang Leicester City itu ditarik keluar di babak pertama akibat cedera saat Spurs kalah 1-4 dari Chelsea awal pekan ini, setelah ia meluncur di lapangan tanpa ada pemain lawan di sekitarnya.

Ange Postecoglou mengaku belum tahu seberapa parah masalah yang dialami Maddison usai pertandingan itu. Ia hanya menyatakan, pemain 26 tahun itu butuh pemeriksaan lebih lanjut selama beberapa hari.

Walau diketahui cedera, Maddison tetap masuk dalam daftar 25 pemain yang dipanggil pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, untuk Kualifikasi Euro 2024 bulan ini melawan Makedonia Utara dan Malta, karena The Three Lions bertekad amankan posisi teratas Grup C.

Maddison Tetap di Tottenham Hotspur untuk Pulihkan Cedera

Namun, Spurs umumkan pada Jumat (10/11) pagi waktu setempat bahwa Maddison sudah mundur dari kamp tim nasional dan akan tetap berada di Hotspur Way untuk jalani rehabilitasi bersama staf medis klub.

“Kami bisa konfirmasikan, James Maddison sudah dicoret dari skuad Inggris akibat cedera engkel,” demikian ungkap Tottenham Hotspur dalam laman resminya di situs X, seperti dilansir Sportsmole.

“Gelandang itu tak akan tampil dalam kualifikasi Euro 2024 melawan Malta dan Makedonia Utara, dia akan tetap berada di Hotspur Way untuk lakukan rehabilitasi bersama staf medis klub,” lanjut pernyataan tersebut.

Skuad Tottenham Hotspur Kini Makin Susut

Penarikan diri Maddison dari Timnas Inggris juga menimbulkan keraguan lebih lanjut mengenai ketersediaannya di pertandingan Liga Premier melawan Wolves pada Sabtu (11/11) malam, di mana Postecoglou akan bekerja dengan tim yang makin menyusut.

The Lilywhites kehilangan Destiny Udogie dan Cristian Romero akibat skorsing setelah kedua diusir di laga melawan Chelsea. Udogie harus absen di satu pertandingan karena dua kartu kuning yang diterimanya di laga itu.

Sementara itu, Romero akan memulai larangan bermain di sepak bola domestik dalam tiga laga akibat kartu merah langsung yang diterimanya. Ini berarti, pemain asal Argentina itu juga akan absen di laga melawan Aston Villa dan juara bertahan, Manchester City, usai jeda internasional bulan ini.

Mitra Romero di posisi bek tengah, Micky van de Ven, kemungkinan juga absen hingga Tahun Baru akibat cedera hamstring yang dialaminya dalam derby London awal pekan ini, sementara Richarlison baru saja jalani operasi panggul.

Lalu Manor Solomon, Ivan Perisic, Ryan Sessegnon dan Alfie Whiteman semuanya juga absen untuk jangka waktu yang panjang, karena harus memulihkan kondisi mereka usai jalani operasi. Selain itu ada ketidakpastian mengenai ketersediaan Ben Davies – yang sedang memulihkan akibat benturan di pergelangan kakinya.

Timnas Inggris Tetap Panggil Beberapa Pemain Cedera

Sementara itu di Timnas Inggris, masih belum jelas apakah Southgate akan memanggil pemain lain untuk gantikan Maddison – salah satu dari beberapa pemain yang dipanggil untuk kualifikasi November walau baru saja cedera.

Untuk jeda bulan ini, Callum Wilson kembali dipanggil setelah ia mengalami masalah hamstring saat Newcastle United kalah dari Borussia Dortmund di Liga Champions. Sementara Bukayo Saka yang tertatih-tatih keluar dari laga Arsenal kontra Sevilla, juga masuk daftar pemain yang dipanggil Southgate.

Inggris sudah memastikan tempat mereka di Euro 2024 lewat kemenangan 3-1 atas juara bertahan, Italia, bulan lalu. Mereka bisa dikonfirmasi sebagai juara grup jika raih hasil imbang melawan Malta pekan depan, tiga hari sebelum The Three Lions menutup ajang kualifikasi yang sukses melawan Makedonia Utara di Skopje.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!