Bukan Main, Monza Jalani Debut Manis di Liga Italia

Gila BolaMonza telah memberikan kejutan di tahun pertamanya mentas di Liga Italia. Klub milik Silvio Berlusconi mampu bersaing di kasta tertinggi sepak bola Italia.

AC Monza merupakan tim promosi Serie A 2022/23 dan baru pertama kalinya bermain Liga Italia musim ini. Mereka promosi usai mengalahkan Pisa pada babak play off dan menang agregat 6-4.

Kini tim besutan Raffaele Palladino berada di peringkat 9 klasemen sementara. Hal tersebut tak lepas Monza menang atas Spezia di pekan ke-32 Liga Italia, Jumat (28/4) dini hari WIB.

Tandang Estadio Alberto Pico, Monza mampu menang dengan skor meyakinan 2-0. Dua gol kemenangan tim debutan Liga Italia dietak oleh Patrick Ciurria dan Carlis Augusto. Dengan hasil tersebut, pasukan Raffaele Palladino mampu meraih tiga kemenangan beruntun usai sebelumnya kalahkan Inter Milan dan Fiorentina.

Dipastikan Hindari Degradasi

Dengan kemenangan atas Spezia membuat Monza sekarang mengumpulkan 44 poin. Sementara biasanya untuk menghindari zona degradasi diperlukan 40 poin. Itu artinya, mereka sudah mencapai target.

AC Monza tercatat juga telah melakoni 32 pertandingan di Liga Italia 2022/23. Rinciannya, menang 12, imbang 8, kalah 12 pertandingan.

Sekarang tim polesan Raffaele Palladino tinggal menyisakan enam pertandingan lagi di musim pertamanya di Serie A. Masing-masing tiga laga kandang dan tiga laga tandang.

Monza Lebih Baik dari 2 Tim Promosi

Monza merupakan tim terakhir yang dipastikan promosi ke Liga Italia 2022/23. Sebelumnya, Lecce dan Cremonese yang lebih dulu naik ke kasta tertinggi sepak bola Italia.

Namun dalam perjalanannya, Monza yang justru bisa lebih bersaing ketimbang Lecce dan Cremonese. Kedua tim tersebut sekarang sedang berjuang hindari degradasi di mana Lecce menempati urutan ke-16 dan Cremonse di posisi 19.

Sekedar informasi, ini merupakan untuk pertama kalinya Monza bermain di Serie A. Klub yang berdiri pada 1912 dan sempat bangkrut dua kali di tahun 2005 serta 2005 ini sebelumnya lebih sering mentas di Serie B, C, dan D. Jadi wajar apabila tim berjuluk I Biancorossi dinobatkan tim promosi dan debutan terbaik.

Laga Berikutnya

Setelah berhasil kalahkan Spezia di laga tandang, Monza selanjutnya akan menghadapi kelas berat lainnya di Liga Italia.

Ya, Monza bakal bertemu AS Roma di Brianteo Stadium pada hari Kamis (4/5) dini hari WIB. Jika menang, I Biancorossi bisa naik ke peringkat delapan Serie A.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!