Borussia Dortmund – Schalke Lakoni Revierderby ke-100, Ini Deretan Rekornya!

Gila Bola – Borussia Dortmund dan Schalke akan mainkan Revierderby yang ke-100 di era Bundesliga di Veltins Arena, Minggu (12/3).

Sejauh ini, para pemain seperti Youssoufo Moukoko, Marco Reus, Mats Hummels dan Klaas-Jan Huntelaar telah bukukan catatan khusus dalam Revierderby. Laga ini selalu berjalan sengit dan penuh tekanan, bahkan menegangkan sejak awal hingga akhir laga.

Berikut ini beberapa rekor yang terpecahkan jelang laga Revierderby yang ke-100, seperti dilansir bundesliga.com:

Pemain yang Paling Sering Tampil dan Cetak Gol dalam Revierderby

Pemain yang paling sering tampil dalam Revierderby adalah Romain Weidenfeller dari kubu Borussia Dortmund dengan 24 penampilan, di mana jumlah penampilan yang sama juga dikoleksi bintang Schalke, Klaus Fichtel.

Pemain yang paling banyak mencetak gol dalam Revierderby, adalah Lothar Emmerich di mana ia mengoleksi 10 gol untuk Dortmund.

Lalu Gerd Kleppinger, Klaus Fischer, Kevin Kuranyi, Klaas-Jan Huntelaar dan Olaf Thon sama-sama mencetak lima gol untuk Schalke dalam rentetan derby ini.

Schalke atau Borussia Dortmund yang Paling Sering Menang?

Lalu, siapa tim yang paling banyak menang dalam Revierderby? Michael Zorc dan Mats Hummels sama-sama menjadi bagian dari 10 kemenangan yang sudah dibukukan Dortmund dalam laga Revierderby ini.

Sementara Fichtel, menjadi pemain Schalke yang paling sukses dalam derby ini, karena pernah mempersembahkan sembilan kemenangan.

Sedangkan pemain yang paling banyak kantongi kekalahan dalam Revierderby – dan ini rekor yang tak diinginkan oleh satupun dari mereka, adalah Weidenfeller dan Fichtel yang sama-sama pernah alami sembilan kekalahan bersama Schalke dalam derby ini.

Ingo Anderbrügge menjadi satu-satunya pemain yang pernah alami kekalahan dalam Revierderby bersama kedua klub tersebut. Ia kalah tiga kali dalam seragam Borussia Dortmund, lalu kandas enam kali saat membela Schalke.

Bintang Schalke Paling Banyak Kantongi Menit Bermain

Adapun pemain yang paling banyak kantongi menit bermain dalam laga ini, lagi-lagi, adalah bintang Schalke, Fichtel, yang berhasil kantongi 2.115 menit. Sedangkan dari kubu Die Borussen adalah Weidenfeller, yang mengoleksi 2.079 menit.

Sementara untuk koleksi kartu kuning terbanyak dalam Revierderby dikantongi Direktur Olahraga Borussia Dortmund saat ini, Sebastian Kehl, yang pernah diganjar hingga tujuh kartu kuning dalam pertemuan timnya dengan Schalke. Kehl bukukan satu kartu kuning lebih banyak dibandingkan legenda Schalke, Jiri Nemec.

Jika ada kartu kuning, tentunya ada kartu merah. Jiri Nemec menjadi satu-satunya pemain yang pernah dua kali diusir dari laga Revierderby. Selebihnya, enam pemain Schalke dan tujuh pemain Dortmund juga pernah diusir dari laga ini.

Bintang Borussia Dortmund Pemain Termuda dalam Revierderby

Sementara itu bintang BVB, Youssoufa Moukoko, menjadi pemain termuda yang pernah tampil dalam Revierderby di usia 16 tahun tiga bulan.

Saat itu, pada tahun 2021, Moukoko bermain menggantikan Thomas Delaney saat Die Borussen menang 4-0 atas Schalke.

Lalu, ada pula Julian Draxler yang bermain dalam derby ini di usia 17 tahun enam bulan 13 hari – dan, sampai saat ini ia tetap menjadi pemain Schalke termuda dalam Revierderby.

Sedangkan pemain tertua yang pernah bermain dalam Revierderby adalah Fichtel, yang pernah hadapi Dortmund di saat usianya telah menginjak 41 tahun-lima bulan-tiga hari.

Ia tiga tahun lebih tua dari Alexander Bade – yang masih mainkan Revierderby di usia 38 tahun-satu bulan-tujuh hari, saat ia hadapi Schalke pada tahun 2008.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!