Alasan Barcelona Tandang ke Hamburg Nanti Malam, Bukan ke Ukraina

Gila Bola – Laga tandang Barcelona ke Shakhtar Donetsk nanti malam akan dilangsungkan di Volksparkstadion di kota Hamburg, Jerman bagian utara. Mengapa? Karena Shakhtar tidak mungkin bertanding di stadion miliknya sendiri.

Matchday keempat Liga Champions akan dimulai nanti malam dengan dua laga pertama akan berlangsung mulai pukul 00.45 Rabu dinihari (8/11), termasuk pertandingan Grup H Shakhtar Donetsk vs Barcelona.

Ini bukan stadion asli tim Ukraina itu, yang terpaksa memindahkan kandangnya ke Jerman karena negerinya tengah menjalani peperangan kontra Rusia. Bahkan stadion aslinya sudah hancur sejak empat atau lima tahun silam.

Perjalanan Shakhtar Donetsk di Liga Champions Sejauh Ini

Tim Ukraina itu sudah menang satu kali dan kalah dua kali, menempati urutan ketiga klasemen Grup H. Dua kekalahan terjadi pada pekan pertama dengan skor 1-3 melawan FC Porto dan di kandang Barcelona pada matchday ketiga 2-1.

Satu-satunya kemenangan terjadi saat menang atas Royal Antwerp dengan skor 2-3 pada pekan kedua di The Bosuilstadion di Belgia. Dengan demikian tiga poin dan selisih gol 5:7.

Di Manakah Stadion Kandang Asli Shakhtar Donetsk?

Kandang asli Shakhtar adalah di Donbas Arena, sebuah stadion sangat megah dan baru saja selesai dibangun tahun 2009 dan memperoleh bintang lima dari UEFA, yang memperlihatkan kelas serta kualitas stadion itu.

Tapi sejak dimulainya perang Ukraina melawan Rusia di bagian timur negeri itu pada tahun 2014, klub dengan jersey oranye hitam itu pindah ke Arena Lviv, salah satu stadion yang digunakan untuk Piala Eropa 2012.

Sejak 2017 mereka pindah lagi ke “Metalist” Oblast Sports Complex di Kharkiv dan kemudian pindah lagi ke The Olimpiyskiy National Sports Complex di ibukota Kyiv pada pertengahan 2020. Seluruhnya karena alasan peperangan.

Dan jika semua pindah-pindah itu terasa masih belum cukup, terkait dengan larangan UEFA menggelar laga-laga Liga Champions di kawasan peperangan, stadion kandang dari tim kelahiran 24 Mei 1936 itu pindah lagi ke Stadion Wojska Polskiego di Warszawa Polandia.

Untuk penyisihan grup Liga Champions 2023/24 mereka memutuskan pindah ke lokasi lebih ke barat lagi, ke Volksparkstadion di kota Hamburg, Jerman. Stadion ini sehari-harinya digunakan oleh Hamburger SV, klub divisi kedua Bundesliga.

Foto 360 Bagian Dalam Volksparkstadion Kandang Shakhtar

Anda bisa memutar foto dengan jari pada layar ponsel untuk melihat sisi lain dari stadion yang didirikan pada tahun 1953 tersebut.

Sepanjang sejarahnya ia sudah menjadi tuan rumah beberapa event internasional , termasuk Piala Dunia 1974, Piala Eropa 1988, Piala Dunia 2006 dan final Liga Europa pada 2010, saat Atletico mengalahkan Fulham.

Volksparkstadion Hamburg ini akan menjadi salah satu stadion tuan rumah untuk Piala Eropa 2024, menggelar empat pertandingan penyisihan grup antara 16 sampai 26 Juni 2024, selain satu pertandingan perempat final.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!