Bukti Kualitas Pemain Sepakbola Korea Selatan di Liga Champions UEFA

Gila Bola –┬áLiga Champions UEFA 2023/2024 telah dimulai, yang menarik adalah bahwa ada sejumlah pemain Korea Selatan yang terlibat membantu klub mereka di kompetisi ini, membuktikan bahwa sepak bola negerin ginseng ini masih diakui kualitasnya!

Lee Kang-in, Hwang In-beom, Oh Hyeon-gyu, dan Yang Hyun-jun semua melakukan debut pertama mereka dalam kompetisi bergengsi Eropa ini.

Lee Kang-in dari Paris Saint-Germain tampil sebagai pemain pengganti selama 10 menit terakhir dalam kemenangan 2-0 klub Prancis tersebut atas Borussia Dortmund. Ini adalah kesempatan singkat Lee merasakan Liga Champions setelah sempat absen selama sebulan akibat cedera quadriceps.

Penampilan singkat itu datang setelah Kylian Mbappe membuka skor dengan penalti pada menit ke-49 dan Achraf Hakimi memastikan kemenangan dengan gol pada menit ke-58. Lee tidak akan tampil lagi untuk PSG dalam waktu yang cukup lama, karena dia terbang ke Tiongkok pada hari Rabu untuk bergabung dengan skuad timnas Korea Selatan U-24 dalam Asian Games di Hangzhou.

Kembalinya Lee dari cedera merupakan kabar baik bagi PSG dan tim nasional Korea Selatan. Sebagai bintang muda di lini tengah, Lee diharapkan dapat mengisi kekosongan signifikan yang ditinggalkan oleh kepergian Lionel Messi dan Neymar dari PSG.

Sudah menjadi pilihan reguler skuad senior Korea Selatan, Lee juga diharapkan memimpin skuad U-24 di Asian Games. Tim ini harus memulai pertandingan tanpa kehadirannya pada hari Selasa karena kewajibannya dalam Liga Champions, namun timnas Korsel berhasil meraih kemenangan 9-0 melawan Kuwait.

Hwang juga melakukan penampilan singkat untuk Red Star Belgrade dalam pertandingan Liga Champions mereka melawan juara bertahan Manchester City, masuk pada menit ke-83 dalam penampilan keduanya untuk klub tersebut.

Seperti Lee, Hwang masuk pertandingan saat Manchester City unggul 3-1. Meskipun dia tidak memiliki dampak besar dalam permainan tersebut, kenyataan bahwa dia ada di sana dan bersaing dengan pemain seperti Phil Foden dan Ruben Dias menandai perkembangan lain dalam karir dramatisnya di usia 27 tahun.

Sebagai sosok serba bisa dan kokoh di lini tengah, Hwang pindah dari Olympiacos ke Red Star awal bulan ini setelah perselisihan panjang dengan manajemen mengenai ketentuan kontraknya.

Dia tiba di Olympiacos setelah karirnya yang sedang berkembang bersama Rubin Kazan di Rusia terhenti akibat invasi negara tersebut ke Ukraina. Yunani adalah titik masuk Eropa yang nyaman, tetapi bagi pemain sekaliber Hwang, itu seharusnya hanya akan menjadi batu loncatan sementara.

Meskipun ada minat dari Rangers, Inter Milan, Napoli, Eintracht Frankfurt, dan Borussia Monchengladbach, Olympiacos tidak bersedia melepas Hwang, hingga akhirnya Red Star menghubungi mereka.

Meskipun mengalami perubahan besar-besaran, Hwang dengan cepat beradaptasi di Red Star, membuat debutnya pada akhir pekan dan melakukan penampilan pertamanya dalam Liga Champions hanya beberapa hari kemudian.

Oh dan Yang adalah dua pemain Korea terakhir yang membuat debut di kompetisi Liga Champions UEFA, keduanya tampil untuk Celtic saat kalah 2-0 dari Feyenoord.

Seperti Lee dan Hwang, baik Oh maupun Hwang tidak masuk dalam lineup awal. Mereka masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-58, sementara Oh bergabung dengannya 20 menit kemudian pada menit ke-82.

Ini adalah pertandingan sulit bagi Celtic, bukan hanya karena dua gol kebobolan, tetapi juga dua kartu merah yang diterima oleh Gustaf Lagerbielke dan Odin Thiago Holm. Baik Oh maupun Yang, yang bergabung dengan klub pada awal tahun ini, tidak mampu memberikan dampak signifikan di lini tengah.

Pertandingan fase grup Liga Champions akan berlanjut dalam dua pekan lagi, PSG menghadapi Newcastle, Celtic menghadapi Lazio, dan Red Star menghadapi Young Boys, semuanya pada tanggal 4 Oktober 2023.

Sementara itu, klub-klub tersebut akan kembali beraksi pada akhir pekan ini dalam liga masing-masing. PSG – tanpa Lee – akan menghadapi Marseille pada hari Minggu dan Celtic akan menghadapi Livingston pada hari Sabtu. Red Star mungkin mendapat waktu libur pada akhir pekan ini karena pertandingan liga mereka melawan Backa Topola akan ditunda.

Kategori: Sepakbola, Liga Champions
Topik: Lee Kang-in