Catat Tanggal Drawing Liga Champions dan Liga Europa

Gila Bola – Liga Champions dan Liga Europa sama-sama sudah menyelesaikan tahapan penyisihan grup dan akan memasuki drawing siapa ketemu siapa di 16 besar kompetisi. Catat tanggalnya.

Drawing 16 besar Liga Champions akan berlangsung Senin 18 Desember 2023 pukul 18.00 WIB. Sedangkan drawing play-off Liga Europa akan berlangsung pada hari yang sama di Nyon, Swiss, sesudah pelaksanaan drawing UCL.

Mengapa kompetisi utama Eropa itu langsung memasuki tahap 16 besar, sementara kompetisi kedua masih tahap play-off, itu karena 16 tempat untuk babak pertama sistem gugur diperebutkan oleh 24 tim.

Delapan tim juara-juara grup Liga Europa, termasuk di dalamnya Liverpool, langsung mengisi satu tempat 16 besar. Namun ada delapan tim runner-up grup dan delapan tim gusuran dari Liga Champions berebut satu tempat lagi. Itulah sebabnya butuh babak play-off.

Setelah babak play-off ini selesai, barulah kompetisi Europa League memasuki tahap 16 besar.

Siapa Sajakah Tim-tim Unggulan Untuk Drawing Liga Champions?

Empat tim asal Liga Spanyol, dua Liga Inggris dan dua Liga Jerman akan mengisi delapan tim tim unggulan untuk drawing 16 besar pada Senin, 18 Desember nanti.

Mereka adalah Arsenal, Atl├ętico Madrid, Barcelona, Bayern Munchen, Borussia Dortmund, Manchester City, Real Madrid, dan Real Sociedad.

Delapan tim bukan unggulan untuk tahap ini adalah Copenhagen, Inter, Lazio, Leipzig, Napoli, PSG, Porto, PSV Eindhoven.

Perhatikan bahwa ada tiga tim asal Liga Italia di daftar runner-up grup, akan masuk sebagai bukan tim unggulan untuk drawing 16 besar UCL.

Daftar Tim Unggulan untuk Play-off Liga Europa

Mereka yang diunggulkan untuk drawing play-off adalah runner-up grup Liga Europa, yakni Freiburg, Marseille, Rennes, AS Roma, Qarabag, Sparta Praha, Sporting CP dan Toulouse. Perhatikan bahwa ada tiga tim asal Perancis di sini.

Sementara itu mereka yang tergusur dari Liga Champions karena menduduki posisi ketiga grupnya masing-masing, tidak akan dipasang sebagai unggulan di sini, yakni Benfica, Braga, Feyenoord, Galatasaray, Lens, Milan, Shakhtar Donetsk, dan Young Boys.

Aturan penting di tahap play-off UEL dan 16 besar UCL adalah, tidak boleh dua tim asal asosiasi dan negara yang sama saling berhadapan di sini. Itu menyebabkan Arsenal dan Manchester City kemungkinan besar akan berjumpa salah satu dari tiga raksasa Serie A: Lazio, Inter dan Napoli.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!