Dortmund Menang Semalam, Premier League Resmi Tidak Dapat Tiket Kelima di Liga Champions Musim Depan

Gila Bola – Kemenangan Borussia Dortmund tadi malam di Liga Champions tidak hanya memberi klub Jerman itu kebahagiaan, tapi juga Bundesliga sebagai liga, sementara itu memberi pukulan besar bagi Premier League.

Jadi, setelah Borussia Dortmund meraih kemenangan 1-0 atas Paris Saint-Germain di leg pertama babak semifinal Liga Champions pada Kamis (2/5) dini hari WIB, nilai koefisien Bundesliga pun semakin meningkat.

Sebagai hasilnya, Bundesliga akan mendapatkan tempat atau tiket kelima di Liga Champions musim depan, menyusul Serie A yang sebelumnya juga mendapatkan kabar baik dengan satu tiket tambahan.

Premier League, di sisi lain, sekarang dipastikan tidak akan bisa mengejar nilai koefisien Bundesliga hingga akhir musim ini, jadi mereka dipastikan harus tetap puas dengan empat wakil untuk musim depan.

Bagaimana Cerita Selengkapnya?

Jadi gini, mulai musim 2024/2025 mendatang, Liga Champions memulai format baru yang akan membuat peserta turnamen membengkak dari awalnya 32 tim sekarang menjadi 36 tim. Jadi ada empat kuota tambahan.

Format juga berbeda dengan musim-musim sebelumnya yang memakai sistem fase grup dengan delapan grup dan empat klub tiap grupnya, di format baru nanti semua klub akan ada di satu klasemen besar.

Nah dua dari empat kuota tambahan itu diberikan kepada dua liga yang memiliki nilai koefisien tertinggi, dan untuk saat ini, Serie A dan Bundesliga yang berhasil mengamankan dua peringkat tertinggi.

Serie A musim ini tanpa wakil di perempat final, bagaimana bisa meraih peringkat tertinggi nilai koefisiennya dan mengalahkan Bundesliga, Premier League, dan juga La Liga.

Dua hal yang perlu Anda ketahui bahwa pertama, nilai koefisien tidak hanya dihitung dari Liga Champions, tapi juga semua liga antarklub Eropa yang diselenggaran UEFA yaitu Liga Europa dan Liga Konferensi Eropa.

Sekedar catatan bahwa di musim ini, Serie A punya AS Roma dan Atalanta di semifinal Liga Europa, sementara mereka juga punya Fiorentina di semifinal Liga Konferensi Eropa.

Kedua, bahwa nilai koefisien tidak hanya dihitung dari pencapaian klub musim ini, tapi juga musim-musim sebelumnya. Nah perlu dicatat bahwa di musim lalu, Serie A punya tiga wakil di final, yaitu Fiorentina di Liga Konferensi Eropa, AS Roma di Liga Europa, dan Inter Milan di Liga Champions.

Yah, meski semua akhirnya kalah, tapi pencapaian final sudah jadi prestasi besar tersendiri, terutama menambah nilai koefisien yang meningkatkan peringkat Serie A hingga mereka dapat jatah tambahan untuk Liga Champions musim depan.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!