Dua Gol Erling Haaland Antar Manchester City ke 16 Besar Liga Champions

Gilabola.com – Hasil Manchester City vs Young Boys di matchday 4 Grup G Liga Champions 2023/2024 berakhir dengan skor 3-0, Erling Haaland cetak dua gol.

Bertanding di Etihad Stadium, Manchester City jauh terlalu tangguh bagi Young Boys. Erling Haaland membuka keunggulan di menit 23 melalui titik penalti, Phil Foden mencetak gol keda di masa injury time sebelum waktu jeda turun minum. Dan Haaland mencetak gol keduanya di awal babak kedua, tepatnya menit 51.

Young Boys masih jauh levelnya jika dibandingan oleh skuad asuhan Pep Guardiola, dan bahkan kiper mereka telah dipaksa untuk melakukan penyelamatan sensasional saat laga baru dimulai!

Kovacic kemudian berhasil merebut kembali bola dan memberikan umpan akurat kepada Jack Grealish yang kemudian mengirimkan bola kepada Rico Lewis, yang berusaha menendang langsung ke gawang, namun sayangnya, kiper Benito dengan sigap menghalau bola sebelum melewati garis gawang!

Kapten Man City, Kyle Walker, maju untuk melepaskan tendangan bebas dengan tembakan rendah yang melesat melewati barisan pemain bertahan tim tamu. Racioppi terlambat melihat bola, namun berhasil melakukan penyelamatan, dan ia melanjutkan dengan penyelamatan lain untuk menolak tembaan hasil bola rebound Foden dari jarak dekat!

Manchester City mendapatkan hadiah penalti di menit 23 saat Rico Lewis yang masuk ke dalam kotak penalti dijatuhkan oleh Lauper. Tanpa ragu, wasit langsung menunjuk titik putih penalti!

Dan Haaland yang maju untuk mengeksekusi penalti, dengan tenang melesakkan bola ke sudut bawah kiri gawang, mengirim kiper Young Boys ke arah yang salah dan memberikan City keunggulan 1-0, memanfaatkan dominasi mereka sepanjang babak pertama!

Pasukan Pep menguasai bola hingga 76,3 persen sepanjang laga, menggambarkan strategi dominasi bola mereka dalam pertandingan kali ini. Delapan pelaung mencetak gol, lima di antaranya mengarah ke gawang. Sedangkan Young Boys belum memiliki satu pun peluang mencetak gol kali ini.

Man City berhasil menggandakan keuggulan di masa injury time babak pertama. Phil Foden menerima umpan silang dari Jack Grealish, dan menggiring bola melewati Garcia, berduel satu lawan satu dengan Racioppi, dan melepaskan tembakan ke arah sudut jauh! Aksi spektakuler dari Foden, dan City memasuki jeda istirahat dengan keunggulan 2-0.

Di babak kedua City hanya perlu waktu 6 menit laga berjalan hingga Erling Haaland sekali-lagi mengoyak jala gawang Young Boys. Rico Lewis melesat ke depan dan mengirimkan bola ke Haaland di luar kotak penalti. Haaland menghindari Amenda untuk mencari ruang, dan kemudian melepaskan tembakan keras ke sudut kanan atas gawang!! City unggul 3-0 dan memastikan City melaju ke babak 16 besar.

Sayangnya laga ini diwarnai oleh insiden kartu merah dua menit usai gol kedua Haaland. Kartu merah ini diberikan kepada Lauper, gelandang muda Young Boys ini melakukan pelanggaran dengan tekel telat yang sebenarnya tidak perlu, wasit oun tak ounya pilihan lain selain menunjukkan kartu kuning kedua dan mengusir Lauper dari lapangan.

Skor 3-0 bertahan hingga pertandingan antara Manchester City vs Young Boys berakkhir, skuad The Citizen pun berhak melaju ke babak 16 besar dan Young Boys sudah memastikan diri mereka terdepak dari Liga Champions.

Haaland kini punya rekor 26 gol dalam 21 pertandingan fase grup Liga Champions, delapan gol dalam enam pertandingan bersama Salzburg, sembilan gol dalam tujuh pertandingan bersama Dortmund, dan delapan gol dalam delapan pertandingan bersama Manchester City.

Haaland juga memilik rekor pemain dengan 24 gol dalam 20 penampilan pertama di fase grup Liga Champions, rekor ini sebelumnya dipegang oleh Harry Kane dengan 18 gol.

Gol kedua Haaland dan gol ketiga Man City dalam pertandingan ini adalah gol ke-250 City di ajang Liga Champions, menjadi tim ke-12 yang bisa mencapai prestasi itu, dan menjadi yang tercepat hanya dalam 119 pertandingan.

Man City kini belum terkalahkan dalam 28 pertandingan kandang terakhir Liga Champions dan hanya satu tim Inggris yang pernah memiliki rekor lebih lama tanpa kekalahan di laga kandang dalam kompetisi, yaitu Liverpool, yang mencatat 30 pertandingan kandang tanpa kekalahan antara tahun 1976 dan 2001, dengan meraih kemenangan sebanyak 26 kali.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!