Hasil Arsenal vs Porto, Skor Akhir 1(4)-0(2) Lewat Adu Penalti, Agregat 5-3

Gila Bola – Hasil pertandingan antara Arsenal vs Porto di leg kedua babak 16 besar Liga Champions, The Gunners unggul 1-0 melalui gol Leandro Trossard, namun pertandingan harus dituntaskan melalui drama adu penalti.

Arsenal memasuki pertandingan leg kedua yang digelar di Emirates Stadium ini dengan defisit agregat 0-1 usai kalah di leg pertama, namun Leandro Trossard berhasil mencetak gol pembuka pada menit ke-41 babak pertama sehingga menyamakan posisi agregat menjadi imbang 1-1.

Darama adu penalti dimenangkan oleh Arsenal usai dua eksekutor Porto gagal mencetak gol, dan The Gunners pun lolos ke perempat final Liga Champions!

Jalannya Pertandingan

Tim tamu awalnya mendominasi penguasaan bola dan berusaha menurunkan tempo permainan. Bahkan mereka menguasai bola hingga mencapai 62% berbanding 38% dari kubu Arsenal.

Dua serangan pertama di laga leg kedua ini dilepaskan tuan rumah, pertama oleh Bukayo Saka tapi berhasil ditepis oleh Diogo Costa dan yang kedua tembakan Martin Odegaard yang menghajar sisi gawang.

The Gunners baru mulai mengimbangi permainan di pertengahan paruh pertama, kini mereka lebih agresif dan melepaskan lebih banyak serangan ke arah gawang.

Berawal dari Martin Odegaard yang bermain cantik dengan melewati dua bek Porto dan kemudian mengirimkan passing akurat kepada Leandro Trossard.

Penyelesaian pemain asal Belgia itupun sempurna, dengan tenang ia mengarahkan bola ke arah tiang jauh yang membuat kiper Diogo Costa tak mungkin menjangkaunya, skor menjadi 1-0 dan agregat imbang 1-1 bertahan hingga waktu turun minum.

Porto mengawali babak kedua dan mendapatkan peluang pertama melalui tendangan bicycle kick Evanilson, tapi bola masih melambung.

Beberapa tembakan pemain Arsenal berhasil digagalkan oleh benteng kokoh tim tamu yang kemudian menjatuhkannya. Sempat ada pemeriksaan VAR untuk kemungkinan penalti namun tak menghasilkan apa-apa.

Martin Odegaard sempat mencetak gol di menit ke-66 saat ia melesakkan bola ke gawang yang kosong melewati Pepe dan sang kiper. Sayangnya gol tersebut dianulir karena Kai Havertz menyikut Pepe sebelum bola masuk gawang.

Mikel Arteta sang pelatih Arsenal mendapat hadiah kartu kuning dari wasit karena gol yang dibatalkan wasit tersebut. Tak lama kemudian giliran pelatih Porto, Sergio Conceicao, yang menerima kartu kuning.

Hingga babak kedua berakhir, belum ada gol penentu kemenangan karena skor masih 1-0 dan agregat masih imbang 1-1. Pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu!

Kedua tim melakukan banyak pergantian pemain sepanjang babak perpanjangan waktu untuk mengantisipasi kemungkinan adu penalti. Nketiah dan Zinchenko menggantikan Trossard dan Kiwior sementara Eustaquio dan Borges menggantikan Gonzalez dan Conceicao.

Tak ada gol di di peruh pertama, dan laga semakin sengit di paruh kedua perpanjangan waktu. Tembakan Bukayo Saka diblok oleh pemain Porto, sementara tembakan Galeno dari jarak jauh terdefleksi dan mengarah ke pelukan David Raya.

Tak ada gol hingga perpanjangan waktu usai, pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti!

Hasil Adu Penalti Arsenal vs Porto

  • Arsenal, Martin Odegaard GOL! Skor 1-0
  • Porto, Pepe (Brasil) GOL! Skor 1-1
  • Arsenal, Kai Haverts GOL! Skor 2-1
  • Porto, Wendell GAGAL! Skor 2-1
  • Arsenal, Bukayo Saka GOL! Skor 3-1
  • Porto, Marko Grujic GOL! Skor 3-2
  • Arsenal, Declan Rice GOL! Skor 4-2
  • Porto, Wenderson Galeno GAGAL! SKor 4-2

Susunan Pemain

Arsenal Starting XI: David Raya, Ben White, William Saliba, Gabriel, Kiwior, Martin Odegaard, Jorginho, Declan Rice, Bukayo Saka, Kai Havertz, Leandro Trossard.

Porto Starting XI: Diogo Costa, Wendell, Otavio, Pepe, Joao Mario, Nico Gonzalez, Alan Varela, Galeno, Pepe, Francisco Conceicao, Evanilson.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!