Kenalin Pahlawan Real Madrid di Liga Champions Tadi Malam

Gila BolaReal Madrid mungkin menang dengan satu gol Brahim Diaz saat melawan RB Leipzig, tapi pahlawan mereka sesungguhnya ada di sisi lain lapangan, di bawah mistar gawang.

Andriy Lunin turun menggantikan Thibaut Courtois yang sudah cedera cukup lama di lututnya, sudah hampir tujuh bulan. Dan sang stopper asal Ukraina itu melakukan sembilan penyelamatan selama 90 menit laga kontra Leipzig di ajang 16 besar Liga Champions.

Dengan kemenangan ini maka pasukan Carlo Ancelotti akan menjadi kandidat terkuat untuk lolos ke tahap perempat final kompetisi musim 2023/24 ini.

Siapakah Andriy Lunin?

Kiper ini didatangkan Los Blancos dari FK Zorya Luhansk di Liga Ukraina pada tahun 2018, dan sejak saat itu sudah tiga kali mengalami periode peminjaman ke berbagai klub, selengkapnya:

  • selama 7 bulan pada 2020 ke R Oviedo.
  • 3 bulan pada 2019 ke Real Valladolid
  • hampir satu tahun 2018-2019 di Leganes

Ancelotti lebih memilih sang stopper Ukraina itu daripada Kepa Arraizabalaga yang disimpannya di bangku cadangan.

Lunin sudah turun sebanyak lima kali berturut-turut bagi Los Merengues di semua kompetisi dan tujuh kali secara tidak berurutan.

Bekas kiper Zorya Luhansk itu terbukti menjadi pahlawan tim putih yang sesungguhnya dengan melakukan sembilan penyelamatan, yang seharusnya setidaknya menghasilkan dua gol bagi tuan rumah, tim Bundesliga tersebut.

Angka xG atau harapan gol Leipzig mencapai 1.24, yang datang dari dominasi bola 49 persen dan jumlah serangan 15 kali dan sembilan terarah on target ke gawang tim tamu.

Real Madrid Balaskan Kekalahan Terakhir

Ini merupakan pertemuan pertama Real Madrid kontra Leipzig usai musim 2022/23. Pada waktu itu skuad Carlo Ancelotti kalah satu kali dan menang satu melawan tim di bawah arahan Marco Rose itu.

Mereka menang 2-0 pada laga pekan kedua penyisihan grup Liga Champions dengan gol-gol datang dari Fede Valverde dan Marco Asensio.

Namun Die Roten Bullen membalaskannya pada matchday kelima kompetisi Eropa yang sama dengan tiga gol dari Josko Gvardiol, Christopher Nkunku dan Timo Werner, yang hanya bisa diimbangi satu gol Vinicius dan satu lainnya dari Rodrygo.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!