Liga Champions Masuk Tahap Play-off, Inilah 12 Tim yang Perebutkan 6 Jatah Terakhir

Gila Bola – Liga Champions 2023/24 memasuki tahap play-off saat 12 tim memperebutkan enam jatah terakhir yang tersisa di tahap penyisihan grup. 12 tim ini akan bertanding malam ini untuk leg pertama play-off.

Dari 12 pertandingan dua leg tahap play-off tersebut akan dihasilkan enam pemenang yang akan masuk ke tahap penyisihan grup, terbagi ke Pot 3 dan Pot 4, menyesuaikan nilai koefisien UEFA mereka.

Jadwal Pertandingan Play-off Liga Champions Malam Ini dan Besok

Antwerp asal Belgia akan menghadapi AEK Athens FC, sebuah klub Yunani. Di jam yang sama pada Rabu dinihari (23/8), Rakow Polandia akan menjamu FC Copenhagen dan Rangers Skotlandia menghadapi PSV Eindhoven.

Besok malam atau Kamis dinihari (24/8), Braga Portugal ketemu Panathinaikos Yunani, Maccabi Haifa Israel menjamu Young Boys asal Swiss dan Molde asal Norwegia bertanding melawan Galatasaray Turki.

Dengan demikian ada dua klub asal Yunani masuk ke tahap play-off ini, yaitu AEK Athens dan Panathinaikos. Keduanya mengalahkan musuh-musuh yang terkenal kuat di tahap sebelumnya.

Perjalanan Peserta Play-off Liga Champions Sampai Sejauh Ini

Di tahap sebelum ini, yakni tahap kualifikasi ketiga, AEK Athens mengalahkan tim kuat asal Kroasia, Dinamo Zagreb, dengan skor 4-3 agregat. Leg pertama laga ini di Yunani sempat ditunda karena kerusuhan pendukung kedua tim, yang berujung kematian satu orang.

Panathinaikos juga menang 5-3 adu penalti setelah dua leg kualifikasi ketiga berujung skor sama kuat 2-2 melawan tim kuat asal Perancis, Marseille.

Sementara itu PSV Eindhoven menang 7-2 agregat atas tim Austria Sturm Graz. Di tempat lain Rangers menang atas Servette untuk merebut satu jatah play-off.

Tim dari Portugal, Braga, menang 7-1 atas TSC yang merupakan sebuah klub asal Serbia.

Raków Częstochowa menang 3-1 agregat atas tim asal Siprus, Aris Limassol.

Maccabi Haifa berhasil mengungguli Slovan Bratislava dari Slovakia dengan skor 5-2 agregat.

Galatasaray menang 4-0 atas Olimpija Ljubljana, klub asal Slovenia.

FC Copenhagen unggul 4-2 adu penalti setelah dua leg pertemuan kontra Sparta Prague usai 3-3.

Sementara itu Molde menang 3-2 atas Ki, sebuah klub kecil asal negeri mungil, Kepulauan Faroe.

Ke Mana Mereka Masuk Grup Liga Champions?

Tergantung hasil drawing, yang baru akan dilakukan 31 Agustus 2023. Sudah ada delapan tim di Pot 1 dan juga delapan tim lainnya di Pot 2. Dua pot itu sudah penuh sehingga tim-tim yang lolos dari play-off akan masuk ke Pot 3 dan Pot 4, bergantung pada nilai koefisien UEFA mereka.

Nilai koefisien UEFA ditentukan berdasarkan pencapaian mereka di masa lalu, lima musim terakhir tepatnya. Namun untuk Pot 1 yang menjadi pot unggulan, mereka terdiri dari juara bertahan Liga Champions, juara bertahan Liga Europa dan enam tim juara dari enam asosiasi paling atas di UEFA, yakni Spanyol, Italia, Jerman, Perancis dan Portugal serta Belanda.

Di Pot 2 barulah bermunculan tim-tim raksasa yang bukan juara liga, tetapi memiliki nilai koefisien yang sangat tinggi berkat laju mereka selama lima musim terakhir di kompetisi Eropa. Di sinilah berkumpul tim seperti Real Madrid, Manchester United, Arsenal, Inter Milan, Borussia Dortmund, Atletico Madrid, RB Leipzig dan FC Porto.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!