Lima Statistik Kunci Jelang Porto vs Barcelona

Gila BolaBarcelona akan hadapi salah satu tantangan terbesar mereka di musim 2023/24 ini, saat mereka tandang ke markas FC Porto di matchday kedua Grup H Liga Champions, Kamis (5/10) dini hari.

Frenkie de Jong dan kawan-kawan tak lakoni kompetisi Eropa terbaik mereka dalam beberapa musim terakhir. Barcelona bahkan sudah tersingkir di fase grup Liga Champions dalam dua musim terakhir.

Karena itulah, tujuan utama Barca di Liga Champions ini setidaknya adalah lolos ke babak knockout. Namun, mereka akan bertemu FC Porto yang diyakini sebagai lawan terberat skuad Xavi Hernandez di Grup H, yang juga diisi Royal Antwerp dan Shakhtar Donetsk.

Walau mereka akan menjadi tantangan berat bagi Barcelona, tim Catalan itu punya sejarah sendiri jelang hadapi klub raksasa Portugal tersebut:

Barcelona Menang atas Porto di Empat Pertemuan Terakhir, Tapi Rekor Tandang Blaugrana Bikin Ngeri!

Barca telah memenangkan ke empat laga terakhir melawan Porto, bahkan berhasil menjaga clean sheet di tiga laga di antaranya. Pertemuan terakhir kedua tim terjadi sudah cukup lama, yakni pada Uefa Super Cup tahun 2011.

Lalu, yang sedikit menjadi kekhawatiran saat ini adalah, rekor tandang Blaugrana di Liga Champions. Barca sudah kalah empat kali dalam enam laga tandang terakhir mereka di fase grup Liga Champions – jumlah kekalahan sama dengan yang mereka dapatkan dalam 43 pertandingan sebelumnya.

Tak boleh lupa pula dengan fakta, Barca alami kekalahan 3-0 saat terakhir kali bermain di Portugal, tepatnya di markas Benfica. Kekalahan itu pula yang ikut mendepak Ronald Koeman dari jabatannya sebagai pelatih Barca di bulan September 2021.

Namun, diungkapkan Barca Universal, juara bertahan La Liga itu bisa saja tetap tampil percaya diri setelah penampilan gemilang mereka di matchday pertama melawan Royal Antwerp, di mana Barca menang 5-0.

Joao Felix Bisa Menjadi Bintang di Kandang Porto

Joao Felix menjadi bintang saat skuad Catalan bertemu jawara Belgia tersebut, di mana ia mencetak dua gol, dan berjuta pasang mata dipastikan akan mengawasi permainannya saat ia kembali ke kampung halamannya.

Jika Joao Felix berhasil menjebol gawang Porto dini hari nanti, dia akan menjadi pemain ke empat yang mencetak gol di dua laga perdananya di Barcelona pada ajang Liga Champions. Sebelumnya hanya tiga pemain yang berhasil melakukan hal ini, yaitu Luis Enrique, Deco dan David Villa.

Sementara itu, laga ini juga akan menjadi momen istimewa bagi Xavi Hernandez karena dia akan lakoni pertandingannya yang ke-100 sebagai pelatih Barca. Di 99 pertandingan sejauh ini, Xavi sudah bukukan 63 kemenangan, 17 hasil imbang dan kalah 19 kali.

Xavi dan Ter Stegen akan Ukir Sejarah di Porto

Catatan Xavi di Liga Champions sebagai manajer Barça belum tunjukkan hasil terbaik, dengan hanya kantongi tiga kemenangan, dua kali imbang dan kalah empat kali di sembilan pertandingan.

Selain Xavi, laga melawan Porto dini hari nanti juga akan menjadi momen khusus bagi kiper andalan yang juga kapten Barca, Marc-Andre ter Stegen.

Jika kiper asal Jerman itu turun di laga melawan Porto, maka dia akan bergabung dengan legenda klub, Antoni Ramallets, sebagai penjaga gawang dengan penampilan resmi terbanyak ke tiga untuk Barca.

Ramallets sebelumnya tercatat bermain di 387 laga, menguntit koleksi penampilan Victor Valdes – terbanyak, dengan 535, dan Andoni Zubizarreta dengan 401 penampilan.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!