Rangkuman Laga Liga Champions Tadi Malam dan Rekor-Rekor Bersejarah yang Tercipta

Gilabola.com – Ada delapan pertandingan babak lanjutan fase grup yang digelar pada Rabu (8/11) dini hari WIB, dan jika Anda melewatkan pertandingannya, berikut kami sajikan rangkuman dan sekaligus beberapa rekor yang tercipta.

GRUP E

Lazio 1-0 Feyenoord

Dalam pertandingan ini, Lazio akhirnya meraih kemenangan pertama mereka di Liga Champions berkat gol tunggal Ciro Immobile yang berhasil mengecoh Justin Bijlow sesaa sebelum jeda.

Feyenoord berusaha keras mengejar di babak kedua, dengan peluang terbaik datang dari Santiago Giménez yang mencetak dua gol di pertemuan sebelumnya, tapi skor akhir bertahan 1-0 untuk Lazio.

Rekor : Lesakan satu gol itu menjadi gol bersejarah bagi Ciro Immobile karena itu adalah golnya yang ke-200 bagi Lazio dalam total 310 penampilannya di semua kompetisi untuk klub Italia.

Atletico Madrid 6-0 Celtic

Sementara Antoine Griezmann sudah membuka skor dengan cepat di menit keenam, kartu merah Daizen Maeda di menit ke-23 membuat Celtic semakin tidak bisa menandingi tuan rumah.

Striker Prancis mendapatkan gol keduanya satu jam setelah pertandingan, dengan Alvaro Morata juga menyumbang dua gol, sementara dua gol lain dicetak oleh Samuel Lino dan Saul Niguez.

Rekor : Tahukah kamu bahwa kemenangan 6-0 atas Celtic itu hanyalah kemenangan terbesar kedua dalam sejarah Atletico Madrid di turnamen UEFA, dengan kemenangan terbesar mereka masih kemenangan 8-0 atas Drumcondra pada 1958 silam.

GRUP F

Borussia Dortmund 2-0 Newcastle United

Newcastle United yang berusaha membalas kekalahan 0-1 di pertemuan sebelumnya justru menelan kekalahan kedua mereka melawan tim Jerman, yang tampil efektif di depan publik mereka sendiri.

Niclas Füllkrug dan Julian Brandt mencetak gol di masing-masing babak bagi Borussia Dortmund, dengan The Magpies bisa saja kebobolan lebih banyak jika bukan karena beberapa penyelamatan Nick Pope.

Rekor : Borussia Dortmund menunjukkan ketangguhan mereka saat bermain di Signal Iduna Park setelah mencatatkan clean sheet dalam empat pertandingan kandang terakhir mereka di Liga Champions.

Dortmund mencatatkan clean sheet dalam empat pertandingan kandang terakhirnya di Liga Champions.

AC Milan 2-1 Paris Saint-Germain

Dalam kembalinya Gianluigi Donnarumma ke San Siro yang disambut dengan edaran uang palsu para fans tuan rumah untuk mengejek mantan kiper mereka, AC Milan berhasil membalaskan kekalahan 3-0 mereka sebelumnya di Prancis.

Milan Skriniar membuka skor bagi PSG dengan sundulan, sebelum Rafael Leao membalas dan menyamakan skor melalui tendangan overhead jarak dekat. Olivier Giroud akhirnya mencetak gol kemenangan bagi tuan rumah di babak kedua.

Rekor : Berkat gol tersebut, Olivier Giroud (37 tahun 38 hari) sekarang menjadi pencetak gol Prancis tertua dalam sejarah Liga Champions, menyalip Laurent Blanc (36 tahun 338 hari).

GRUP G

Red Star Belgrade 1-2 RB Leipzig

Gol-gol dari Xavi Simons dan Lois Openda mengantarkan RB Leipzig menjadi salah satu tim pertama yang lolos ke babak 16 besar Liga Champions dengan kemenangan 1-2 atas tim Serbia.

Gol bunuh diri Benjamin Henrichs memberi harapan bagi tuan rumah di akhir babak kedua, tapi pada akhirnya Red Star Belgrade tidak mampu mendapatkan gol tambahan dan wakil Jerman keluar sebagai pemenang.

Rekor : RB Leipzig, yang merupakan klub cukup baru, kini telah memenangkan tujuh dari delapan pertandingan penyisihan grup terakhir mereka, dengan satu-satunya kekalahan datang saat melawan Manchester City.

Manchester City 3-0 Young Boys

Manchester City menjadi tim pertama yang lolos ke babak 16 besar ketika dua gol Erling Haaland dan sebiji gol Phil Foden memberi mereka kemenangan 3-0 dan mempertahankan rekor sempurna mereka di grup.

Sebenarnya setelah skor 3-0, Sandro Lauper kemudian diusir wasit di menit ke-53, tapi ternyata juara bertahan gagal menambah keunggulan mereka saat manajer Pep Guardiola memilih untuk memberi kesempatan bermain bagi pemain jarang tampil macam Kalvin Phillips dan pemain muda Oscar Bobb.

Rekor : Dengan kemenangan itu berarti sekarang Manchester City telah berada dalam 17 pertandingan tak terkalahkan di Liga Champions, siapa yang pertama bisa memberi kekalahan bagi mereka di turnamen ini?

GRUP H

Shakhtar Donetsk 1-0 Barcelona

Sangat disayangkan, Barcelona yang hanya butuh satu poin untuk lolos ke babak berikutnya malah kalah 1-0 di kandang Shakhtar Donetsk lewat gol tunggal Danylo Sikan.

Barcelona, yang sempat panik dengan empat pergantian pemain sekaligus di babak kedua, benar-benar tampil loyo di pertandingan itu saat hanya satu tembakan tepat sasaran yang berhasil mereka lakukan.

Rekor : Shakhtar Donetsk sekarang sudah meraih tiga kemenangan dalam 11 pertemuan mereka melawan Barcelona, cukup sering ya mereka bertemu ternyata.

FC Porto 2-0 Royal Antwerp

FC Porto sekarang menyamai perolehan poin Barcelona di puncak klasemen usai kemenangan kedua beruntun mereka atas debutan turnamen, Royal Antwerp, usai sebelumnya menang 1-4 di Belgia.

Eksekusi penalti Evanilson dan sundulan Pepe dari umpan silang Francisco Concei memberi kemenangan bagi tuan rumah untuk menyingkirkan Antwerp dari persaingan ke babak fase gugur.

Rekor : Gol menit ke-90+1 itu berarti Pepe sekarang menjadi pencetak gol tertua di Liga Champions pada usia 40 tahun 254 hari. Rekor sebelumnya dipegang Francesco Totti, yang terakhir kali mencetak gol pada November 2014, di usia 38 tahun 59 hari.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!