Real Madrid Usung La Decimoquinta Menuju Juara ke-15 Liga Champions

Gila BolaReal Madrid akan bertanding di final Liga Champions 2023/2024 melawan Borussia Dortmund pada Minggu (2/6) dini hari WIB. Jelang pertandingan akbar ini, Real Madrid mengusung slogan “La Decimoquinta”, yang berarti “yang ke-15”.

Real Madrid Menuju La Decimoquinta

Slogan La Decima (“yang ke-10”) pernah digemakan Real Madrid pada final Liga Champions 2014 saat melawan Atletico Madrid.

Saat itu, Los Blancos keluar sebagai juara dengan skor 4-1 di babak tambahan waktu, meraih gelar Liga Champions ke-10 mereka.

Kini, satu dekade setelah La Decima, Real Madrid kembali ke final dengan ambisi meraih gelar ke-15. Slogan “La Decimoquinta” dan “a por la 15” yang artinya “ayo raih yang ke-15” menjadi semangat mereka untuk mengukir sejarah baru.

Real Madrid tampil gemilang sepanjang musim dan diunggulkan untuk menjadi juara. Kemenangan atas tim kuat seperti Manchester City dan Bayern Munchen di babak sebelumnya menjadi bukti kekuatan mereka.

Pengalaman para pemain senior seperti Toni Kroos, Luka Modric, Nacho, dan Fede Valverde di final Liga Champions juga menjadi faktor pendukung.

Real Madrid Favorit, Dortmund Siap Mengancam

Namun, Borussia Dortmund bukan lawan yang mudah. Kekalahan di final Liga Champions 2013 melawan Bayern Munchen menjadi motivasi mereka untuk meraih hasil terbaik di Wembley kali ini.

Dortmund tidak mudah mencapai final. Semuanya dimulai dengan ‘Grup Neraka’ yang diisi oleh finalis 2020 dan juara Ligue 1 Paris Saint-Germain, klub Liga Premier Inggris Newcastle United, dan kekuatan kontinental AC Milan.

Meski kalah pada laga pertama mereka dari PSG, anak asuhan Edin Terzić bangkit untuk tidak hanya lolos ke babak knockout, tetapi mereka juga memuncaki grup.

Die Schwarzgelben akhirnya melaju dengan nyaman, menang agregat 3-1 atas PSV Eindhoven dan kemudian mengalahkan Atlético Madrid 5-4 secara agregat di perempat final.

PSG selanjutnya di semifinal, tetapi juara Prancis itu dikalahkan di kedua leg saat Dortmund memastikan kemenangan agregat 2-0.

Materi pemain yang kompetitif dan ambisi besar untuk meraih kejayaan menjadi modal mereka untuk mengancam dominasi Real Madrid.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!