Hasil Indonesia vs Irak: Hanya Diperkuat 10 Pemain, Skuad Garuda Takluk dari Singa Mesopotamia

Gila Bola – Hasil Indonesia vs Irak di matchday ke-5 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Kamis (6/6) sore, berakhir dengan skor 0-2.

Indonesia harus mengakui keunggulan Irak setelah skuad Garuda tak juga mampu membalas dua gol yang disarangkan pemain lawan di laga ini.

Seperti biasa, Irak berhasil tunjukkan ketajamannya di lapangan, meskipun Indonesia berhasil menahan imbang mereka 0-0 di babak pertama. Namun, Irak akhirnya unggul lewat eksekusi penalti Aymen Hussein di menit 54.

Blunder yang dilakukan Ernando Ari kemudian membuat Ali Jassim berhasil menggandakan skor Irak menjadi 2-0 di menit 88. Irak pun menang 2-0.

Laga ini sendiri sangat penting bagi Indonesia untuk memastikan diri melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, sekaligus amankan tiket ke putaran final Piala Asia 2027.

Sebelum laga ini, Indonesia bertengger di peringkat kedua dengan koleksi tujuh poin. Kekalahan ini membuat Indonesia tetap berada di posisi kedua – meskipun walau menang, Vietnam tak akan mungkin menggeser Indonesia, karena kedua tim terpaut empat poin di klasemen Grup F.

Sedangkan Irak, saat ini makin berjaya di puncak klasemen grup dan koleksi poin 15. Irak memang sudah dipastikan melaju ke putaran ketiga setelah mereka tak pernah kalah di lima pertandingan fase grup ini.

Jual-Beli Serangan, Indonesia Tahan Irak di Babak Pertama

Kedua tim berusaha tampil menekan sejak awal laga, tapi Irak berhasil menguasai bola sejak awal laga.

Gawang Indonesia terancam di menit ke-10 saat tendangan Osamah Jabbar Rashid mengarah ke gawang Ernando. Beruntung upaya ini masih melebar.

Giliran Rafael Struick yang membangun serangan 10 menit kemudian. Ia berhasil melewati penjagaan beberapa pemain lawan, dan mendekati area penalti Irak. Sayang bola berhasil dihalau pemain Irak.

Hanya sesaat kemudian, Irak kembali menguasai jalannya laga. Beberapa kali tim asuhan Jesus Casas ini menekan area pertahanan Indonesia.

Kerja sama yang dilakukan Struick dan Sandy Walsh nyaris membuahkan gol untuk skuad Garuda di menit 34. Namun, tembakan Sandy berhasil diamankan kiper Irak, Jalal Hasan.

Indonesia kembali berhasil mengancam gawang Irak di menit ke-41, saat Shayne Pattynama sodorkan umpan matang kepada Marselino Ferdinan yang harusnya bisa membawa tim Merah Putih memimpin di akhir babak pertama. Sayangnya, lagi-lagi boal berhasil dihalau pemain belakang Irak.

Irak Dapat Penalti, Jordi Amat Dikartu Merah di Babak Kedua

Irak mendapat penalti di menit ke-52 setelah Shayne lakukan handball. Aymen Hussein yang jadi eksekutor berhasil menjebol gawang Ernando Ari.

Meskipun kiper Persebaya ini tak tertipu dan bergerak ke arah yang pas, tetapi tembakan Aiman Hussein terlalu kencang, hingga gagal dibendung Ernando. Irak pun memimpin 1-0 di menit 54.

Apesnya, Indonesia kehilangan Jordi Amat yang lakukan tekel keras terhadap pemain Irak nomor 15 di luar area penalti. Wasit langsung mengeluarkan kartu merah, Indonesia pun bermain dengan 10 pemain mulai menit 60.

Indonesia kembali dihukum penalti di menit ke-70 saat Ernando Ari secara tak sengaja lakukan kesalahan terhadap pemain Irak di depan mulut gawangnya.

Aymen Hussein tampil sebagai eksekutor. Namun peluang ini gagal dimanfaatkannya dengan baik, karena tembakannya melambung di atas gawang Indonesia.

Ragnar Oratmangoen nyaris menyamakan kedudukan di menit 78. Sayang upayanya berhasil digagalkan Jalal Hassan. GAGAL!

Ernando Ari lakukan blunder di menit 87. Akibatnya cukup fatal, ia dikerubungi dua pemain Irak yang akhirnya berhasil merebut bola dan Ali Jassim pun sukses menyarangkannya ke gawang yang kosong. Salah satu bek Indonesia berusaha mencegah bola masuk gawang, tapi upaya ini gagal.

Susunan Pemain Indonesia vs Irak

  • Timnas Indonesia: Ernando Ari; Rizky Ridho, Jordi Amat, Justin Hubner; Sandy Walsh, Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, Shayne Pattynama; Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen, Marselino Ferdinan.
  • Timnas Irak: Jalal Hassan; Hussein Haydar Ali, Suad Natiq, Rebin Ghareeb, Ahmed Yahya; Zidane Iqbal, Ibrahim Bayesh, Amir Fouad, Osamah Jabbar, Basyar Resan; Aymen Hussein.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!