Hasil Irak vs Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Skuad Garuda Dicukur 5-1

Gilabola.com – Hasil pertandingan matchday pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Irak vs Indonesia berakhir dengan skor 5-1, satu-satunya gol balasan Skuad Garuda dicetak oleh Shayne Pattynama.

Bertanding di Basra International Stadium dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia haru menyerah kalah dari tuanh rumah timnas Irak dengan skor 5-1 pada hari Kamis malam (16/11/2023).

Gol pembuka kemenangan Irak dicetak oleh Bashar Rasan Bonyan menit ke-20, sebuah gol bunuh diri dari Jordi Amat di menit ke-35 dan gol di babak kedua oleh Osama Rashid menit ke-60. Sedangkan satu-satunya gol balasan dari Timnas Indonesia dicetak oleh Shayne Pattynama di masa injury time babak pertama menit 45+3.

Di babak kedua tigal gol kembali bersarang ke gawang Indonesia yang dicetak oleh Osama Rashid di menit ke-60, gol dari Youssef Amyn di menit ke-81 dan gol dari Ali Al Zubaidi di menit ke-88 yang akhirnya menutup laga dengan skor akhir 5-1.

Pertandingan dengan intensitas tinggi, beberapa momen menarik pun tercipta sejak menit awal pertandingan. Irak langsung menyerang pertahanan Indonesia yang dibentengi oleh lima bek.

Irak mampu mendominasi jalannya pertandingan seiring berjalannya waktu, namun Rizky Ridho dan rekannya memperlihatkan keterampilan yang solid dalam menanggulangi serangan lawan. Irak masih kesulitan dalam menciptakan peluang yang berbahaya.

Namun pada akhirnya di menit ke-19, Bashar Resan berhasil mencetak gol setelah memanfaatkan peluang di dalam kotak penalti, Irak memanfaatkan kelengahan pemain Indonesia dalam membersihkan bola. Marc Klok gagal mengontrol bola, dan Asnawi tidak mampu menghalangi pergerakan Resan. Baggott juga merespons terlambat.

Keunggulan Irak bertambah sepuluh menit kemudian ketika Jordi Amat mencetak gol bunuh diri setelah umpan silang Ali Jassim tidak bisa diantisipasi dengan baik oleh Jordi, menyebabkan sundulannya malah mengarah ke gawang sendiri.

Indonesia berusaha merespons dengan meningkatkan serangan dari sisi sayap dan sepak pojok. Shin Tae Yong juga melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Rafael Struick menggantikan Dimas Drajad.

Di masa injury time babak pertama, Shayne Pattynama mencetak gol untuk memperkecil keunggulan Irak. Shayne mencatatkan gol debut setelah menerima umpan dari Struick. Irak tetap memimpin dengan skor 2-1 hingga waktu turun minum.

Sayangnya di babak kedua Elkan Baggott dan kawan-kawan gagal mengejar ketertinggalan dan justru gawang Nadeo Argawinata harus kebobolan hingga tiga gol.

Gol ketiga tuan rumah Irak dicetak oleh Osama Rashid saat babak kedua baru berjalan 15 menit. Dan saat memasuki 10 menit terakhir, gawang Indonesia kebobolan dua gol dalam kurun waktu tujuh menit.

Gol keempat Irak dilesakkan oleh Youssef Amyn di menit ke-81 dan gol dari Ali Al Zubaidi di menit ke-88 yang memanfaatkan sebuah serangan balik usai Indonesia gagal dalam serangan melalui tendangan bebas di sisi kiri gawang tuan rumah.

Pertandingan pun berakhir dengan skor 5-1 untuk kemenangan Irak, dan Indonesia kini berada di dasar klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di bawah Iral, Vietnam dan Filipina secara berurutan.

Susunan Pemain Irak vs Indonesia

Timnas Irak: Jalal Hassan; Hussein Ali, Rebin Ghareeb, Ali Adnan, Merchas Doski; Ibrahim Bayesh, Bashar Resan, Ali Jasim, Amir Al Ammari, Osamah Jabbar; Aymen Hussein.

Timnas Indonesia: Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam Bahar, Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott, Shayne Pattynama; Marc Klok, Ricky Kambuaya; Adam Alis, Dendy Sulistyawan, Dimas Drajad

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!