Hasil Senegal vs Jepang, Gol Samurai Biru Selalu Datang Dari Rento Takaoka

Gilabola.com – Jepang cuma urutan ketiga Grup D, tapi mereka dipastikan lolos ke 16 besar Piala Dunia U17 setelah naik pesat ke urutan pertama klasemen tim urutan ketiga terbaik dengan koleksi nilai enam.

Dan yang lebih mencolok mata adalah fakta bahwa penyerang Samurai Biru ini, Rento Takaoka. Ia mencetak dua gol ke gawang Senegal pada laga Jumat sore (17/11) di Bandung sehingga total sudah empat gol disarangkannya selama kompetisi ini.

Posisi Senegal juga aman. Nilai sama 6, sama banyak dengan Jepang, tapi menempati posisi kedua Grup D dengan keunggulan selisih gol (+2) dari tim Asia ini (+1).

Puncak grup dimiliki oleh Argentina yang juga memiliki nilai 6, tetapi mempunyai selisih gol terbaik dengan 8:3 atau +5 berkat kemenangan 4-0 pada hari terakhir kontra Polandia.

Dengan demikian urutan tim pada klasemen Grup D secara berturut-turut adalah Argentina, Senegal dan Jepang, sebelum Polandia dengan nilai nol menduduki posisi terakhir.

Jepang Duduki Posisi Teratas Klasemen Tim Urutan Ketiga Terbaik

Meskipun hanya menduduki urutan ketiga tapi Jepang dipastikan akan lolos ke 16 besar melalui skema tim urutan ketiga terbaik.

Nilai enam yang dimiliki Samurai Biru amat superior dibandingkan tim urutan tiga lainnya di klasemen tersebut, yakni Uzbekistan 4 poin dan sudah memainkan tiga laga yang kini turun ke urutan kedua terbaik, Iran 3 poin dan masih memiliki satu laga sisa Jumat malam (17/11) nanti di posisi ketiga, serta Indonesia urutan keempat.

Tim Garuda Muda masih bisa lolos ke 16 besar, dengan syarat dua tim lain di bawah kita yang juga menduduki posisi ketiga di grupnya masing-masing, yakni Meksiko (1 poin) dan Korea Selatan (0) tidak memperoleh tambahan nilai pada matchday terakhirnya. Sulit, amat tipis, tapi masih ada peluang.

Mengapa Butuh Tim Urutan Ketiga Terbaik Untuk 16 Besar Piala Dunia U17?

Ya, mengapa. Apakah kumpulan tim urutan pertama dan kedua saja tidak cukup untuk lolos ke 16 besar Piala Dunia U17?

Kurang, bro. Mari kita hitung. Hanya ada enam grup kan di kompetisi ini, A sampai dengan F. Berarti hanya akan ada 12 tim, yaitu juara dan runner-up dari tiap grup. Lalu sisanya empat tim lagi untuk menggenapkan 16 besar datang dari mana? Dari KPK?

Itulah sebabnya tim yang menduduki urutan ketiga masih bisa lolos ke 16 besar asalkan memiliki nilai terbaik dari semua tim urutan ketiga yang membentang dari Grup A sampai Grup F.

Jepang usai kemenangan atas Senegal ini memiliki nilai enam. Sama banyaknya dengan negara asal zona CAF tersebut. Tapi sayangnya selisih golnya hanya 4:3 atau +1, gara-gara kekalahan 1-3 kontra Argentina pada matchday kedua dan kemenangan 1-0 atas Polandia pada hari pertama. Dengan begitu negara Asia Timur ini menduduki urutan ketiga Grup D.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!