Lionel Messi Diragukan Bisa Bela Argentina vs Paraguay di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Gila Bola – Kapten Timnas Argentina, Lionel Messi, diragukan akan bisa tampil dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia berikutnya melawan Paraguay.

Messi mencetak gol dalam kemenangan 1-0 pada pertandingan pembuka melawan Ekuador, tetapi absen dalam kemenangan 3-0 atas Bolivia bulan lalu karena cedera otot yang juga membuatnya absen dalam beberapa pertandingan untuk Inter Miami di MLS.

Juara Piala Dunia ini dijadwalkan akan menjamu Paraguay pada hari Kamis di Buenos Aires.

Sementara itu Vinicius Jr. yang absen dalam dua pertandingan pertama Brasil dalam kualifikasi Amerika Selatan, tetapi kembali dalam susunan starting setelah pulih dari cedera. Selecao akan menghadapi Venezuela di Cuiaba.

Argentina dan Brasil kini memiliki rekor 2-0 dalam kualifikasi untuk Piala Dunia 2026 setelah meraih kemenangan bulan lalu. Kedua rival benua ini dijadwalkan akan bertemu pada bulan November mendatang.

Kolombia berada di posisi ketiga dalam klasemen 10 tim dengan empat poin. Uruguay dan Venezuela masing-masing memiliki tiga poin, diikuti oleh Paraguay, Peru, dan Chili dengan satu poin masing-masing.

Ekuador belum mengumpulkan poin kompetisi meskipun memenangkan pertandingan 2-1 atas Uruguay pada 13 September. Ekuador memulai turnamen kualifikasi dengan -3 poin setelah FIFA mencabut poin mereka karena pemalsuan informasi kelahiran bek Byron Castillo yang berdarah Kolombia.

Piala Dunia berikutnya di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada akan memperluas format menjadi 48 tim, yang berarti enam tim teratas di Amerika Selatan akan mendapatkan tiket langsung. Tim peringkat ketujuh akan bersaing dalam play-off antarbenua untuk mendapatkan tiket.

Pertandingan lainnya pada Kamis termasuk perayaan untuk Uruguay, Argentina, dan Paraguay setelah keputusan FIFA untuk memberikan tiga negara tersebut pertandingan pembuka Piala Dunia 2030 yang akan diselenggarakan bersama oleh Spanyol, Portugal, dan Maroko.

Argentina vs Paraguay

Messi, yang berusia 36 tahun, melewatkan empat pertandingan MLS untuk klubnya plus final Piala Terbuka AS. Dia bermain selama 10 menit pada hari Sabtu dalam kekalahan 1-0 Inter Miami dari Cincinnati. Latihan Selasa menunjukkan bahwa kemungkinan dia akan bermain melawan Paraguay, tetapi belum jelas apakah dia akan menjadi starter atau cadangan.

Pelatih Lionel Scaloni tidak memberikan petunjuk siapa yang akan menggantikan Messi jika dia tidak tampil. Dia juga harus membuat keputusan seleksi lainnya, termasuk apakah akan memulai Nicolás Tagliafico atau Marcos Acuña sebagai bek kiri, atau Julián Álvarez atau Lautaro Martínez di lini depan.

Argentina tidak akan mengandalkan Ángel Di María, yang sedang pulih dari cedera. Kemungkinan besar, Nico González akan menjadi pengganti veteran tersebut sekali lagi.

Pelatih baru Paraguay, Daniel Garnero, akan melakoni debutnya melawan Argentina. Dia menggantikan Guillermo Barros Schelotto bulan lalu setelah dua pertandingan pertama.

Garnero yang berusia 54 tahun, seperti Schelotto, telah melatih beberapa tim Paraguay sejak tahun 2016 dan lebih suka memiliki tim yang seimbang dalam sebuah negara di mana pertahanan dianggap sebagai seni.

“Kita harus bermain cerdik, menggunakan strategi pelatih kita untuk pertandingan ini, dan mencuri satu poin. Mengapa tidak tiga?” kata bek Junior Alonso. Harapannya bukanlah hal yang mustahil; Argentina gagal mengalahkan Paraguay dalam dua kualifikasi Piala Dunia Amerika Selatan terakhir.

Brasil vs Venezuela

Pelatih baru Brasil, Fernando Diniz, menunjukkan dalam latihan Selasa bahwa Vinicius Jr. telah pulih sepenuhnya dari cedera dan akan menjadi starter melawan Venezuela di kota Cuiaba. Raphinha adalah starter di sayap kanan dalam dua pertandingan pertama, tetapi sekarang cedera.

Prestasi Vinicius yang berusia 23 tahun di kandang telah meningkat sejak Piala Dunia terakhir, karena dia terus tampil baik di Real Madrid dan para penggemar melihat Neymar bermain di liga yang kurang kompetitif di Arab Saudi.

“Vinicius penting bagi klubnya, penting bagi tim nasional, dan dia masih sangat muda,” kata penyerang Gabriel Jesus dalam konferensi pers. “Dia kembali dari cedera dengan mencetak gol dan membantu Real Madrid memenangkan pertandingan. Dia benar-benar hebat.”

Renan Lodi, yang juga absen karena cedera, kemungkinan akan digantikan oleh Guilherme Arana.

Diperkirakan Richarlison akan menjadi starter melawan Venezuela meskipun dia sedang mengalami paceklik gol untuk tim nasional. Gol terakhirnya untuk Brasil datang dalam kemenangan 4-1 atas Korea Selatan di babak 16 besar Piala Dunia Qatar.

Selain itu, pada Kamis, Kolombia akan menghadapi Uruguay, Bolivia akan menjadi tuan rumah untuk Ekuador, dan Chili akan menghadapi Peru.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita sepak bola! Untuk bergabung klik di sini gibolers!