Masih Bisakah Indonesia ke 16 Besar Piala Dunia U17? Bisa, Begini Skenarionya

Gilabola.com – Indonesia kalah pada laga terakhir Grup A Piala Dunia U17 dan menempati posisi ketiga, tapi kita masih lolos ke 16 besar. Begini skenarionya. Catat.

Tim Garuda Muda masih bisa lolos ke tahap sistem gugur asalkan bisa mempertahankan posisi keempat terbaik urutan ketiga seperti yang terjadi saat ini. Nanti kita lihat di bawah siapa saja tiga tim urutan ketiga yang berada di atas Indonesia dan dua tim di bawah kita.

Ini terjadi karena hanya ada enam grup penyisihan, A sampai F, yang berarti akan ada 12 tim dari dua tim teratas setiap grup, lalu sisanya empat tim untuk menggenapkan 16 besar datang dari mana? Ya dari empat tim terbaik urutan ketiga.

Indonesia Duduki Posisi 4 Tim Ketiga Terbaik Piala Dunia U17

Grup A sudah selesai. Urutannya Maroko 6 poin, lalu Ekuador 5 poin, disusul kita 2 poin saja dan Panama di urutan terbawah 2 poin pula, tapi kalah selisih gol.

Bagaimana cara Indonesia lolos 16 besar Piala Dunia U17? Saat ini kita menempati urutan keempat dari klasemen tim urutan ketiga terbaik turnamen.

Di atas kita pada posisi puncak ada Uzbekistan yang juga sudah menyelesaikan tiga pertandingan dan memiliki nilai 4. Di bawahnya pada posisi kedua Iran nilai tiga tapi baru bertanding dua kali.

Lalu Jepang, juga baru dua kali bermain dan memiliki tiga, lalu timnas Indonesia pada urutan keempat dengan jumlah poin dua saja.

Di bawah kita pada klasemen urutan ketiga terbaik terdapat Meksiko dan Korea Selatan. El Tri memiliki nilai satu dan Laskar Taegeuk nihil poin.

Apa Skenario yang Dibutuhkan Indonesia Agar Lolos ke 16 Besar Piala Dunia U17? 

Sederhananya adalah, jangan sampai Meksiko dan Korea Selatan meraih poin lebih tinggi daripada kita, dua.

Itu berarti Meksiko dalam pertandingan terakhirnya pada Sabtu 18 November 2023, tidak boleh menang atas Selandia Baru. Menang akan memberi El Tri nilai empat, dan itu berarti kita tergusur ke posisi kelima.

Imbang gimana? Imbang juga tidak boleh karena selisih golnya saat ini 3:5 sama dengan kita, sehingga satu gol saja misalnya 1-1 akan menaikkan taraf kasta El Tri di atas kita karena agresifitas gol memasukkan, sementara memperoleh satu poin tambahan menjadi dua.

Imbang 0-0 juga sebaiknya jangan karena berarti sama saja dengan kita 3:5. Belum tahu aturannya gimana kalau sampai ada dua tim urutan ketiga, nilai sama, selisih gol sama. Masih harus baca-baca lagi.

Urutan ketiga terbaik berikutnya adalah Korea Selatan. Nilai nol. Tapi menempati urutan ketiga Grup E. Posisinya saat ini masih di bawah kita.

Laskar Taegeuk juga tidak boleh menang atas Burkina Faso pada laga terakhir grup, yang juga akan berlangsung hari Sabtu nanti. Jika Korsel menang maka itu berarti poin perolehan nilai mereka menjadi tiga yang menyebabkan mereka naik di atas kita pada papan klasemen tim urutan ketiga terbaik.

Apa yang akan terjadi jika baik Korea Selatan dan Meksiko sama-sama menang pada laga terakhir mereka? Indonesia dipastikan tersingkir karena menempati urutan terbawah (posisi keenam) pada papan klasemen urutan tiga terbaik. Tapi itu sepenuhnya kesalahan kita sendiri yang hanya meraih dua poin dari tiga pertandingan Grup A.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!