Timnas Indonesia Waspadai Tekad Bangkit Filipina Usai Dipermalukan Vietnam

Gilabola.com – Timnas Indonesia akan kembali bertemu lawan berat di matchday dua putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (21/11) sore WIB. Tentunya para pendukung skuad Garuda ingin Marc Klok dan kawan-kawan menang, ya!

Skuad asuhan Shin Tae-yong pun diminta agar mewaspadai tekad bangkit tuan rumah di laga ini, Filipina, setelah tim itu dikalahkan Vietnam, 0-2, di kandangnya sendiri. Filipina pun dijadwalkan menjamu Indonesia di Rizal Memoriam Stadium, Manila, Selasa (21/11) sore.

Sebelumnya, Indonesia dipermalukan Irak, 5-1, di matchday pertama putaran kedua Grup F. Namun tim Merah Putih tak bisa terlalu lama merenungkan kekalahan telak yang terjadi di Basra International Stadium di wilayah selatan Irak tersebut. Karena, Indonesia sudah harus bertarung kembali hadapi lawan yang juga tak bisa dianggap enteng.

Laga Filipina vs Indonesia di awal pekan depan, ibaratnya seperti pertemuan dua tim yang tengah terluka. Pasalnya, baik tuan rumah Filipina maupun Indonesia sama-sama baru saja alami kekalahan.

Terkait kekalahannya, pelatih Filipina Hans Michael Weiss menganggap hal itu sebagai sesuatu yang wajar mengingat level permainan Filipina yang kalah jauh dari Vietnam.

Filipina Bertekad Menang Melawan Timnas Indonesia

Namun pelatih asal Jerman itu mengaku tetap bangga pada anak asuhnya yang telah berjuang ekstra keras dan gemilang di lapangan. Menurutnya, timnya tak perlu kecewa dan bisa tinggalkan lapangan dengan tidak menundukkan kepala.

Menurut pelatih 58 tahun itu, Vietnam telah alami peningkatan yang sangat pesat di dunia sepak bola. Menyaksikan performa anak asuhnya dalam pertandingan itu, Weiss mengakui laga melawan Indonesia akan lebih terbuka dan tentu saja, menarik untuk ditonton.

Apalagi, baik Filipina maupun Indonesia sama-sama haus kemenangan. Weiss pun berharap banyak di laga kedua melawan Indonesia ini, hingga timnya bisa mendominasi jalannya laga dan raih hasil positif.

Timnas Indonesia Berusaha Adaptasi dengan Rumput Sintetis di Filipina

Sementara itu dalam situs resmi PSSI dipaparkan, Timnas Indonesia sudah lakukan latihan pada sore hari – setibanya mereka di Manila pada hari Sabtu (18/11) pagi, pukul 07.00 waktu setempat.

Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan harus menempuh penerbangan selama delapan jam dari Irak ke Filipina. Shin Tae-yong akui ini perjalanan yang tidak mudah, dan para pemainnya tentu saja kelelahan usai penerbangan yang cukup lama. Namun pelatih asal Korea Selatan itu bertekad mempersiapkan timnya lebih baik lagi.

Usai Indonesia kalah 1-5 dari Irak, Shin Tae-yong berusaha memompa semangat para pemainnya untuk bisa bermain lebih baik dan tak ulangi berbagai kesalahan yang saat nanti bertemu Filipina.

Sebagai pematangan persiapan, sesaat setelah tiba di Filipina Shin Tae-yong pun berharap para pemainnya langsung beradaptasi pada perubahan cuaca, lingkungan hingga situasi dan kondisi lapangan di Stadion Rizal Memorial.

Apalagi, rumput di stadion itu merupakan rumput sintetis yang kemudian digadang-gadang pelatih tuan rumah, akan membuat Indonesia kalah.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!