Awas, Rayo Vallecano Coba Bikin Kejutan di Liga Spanyol

Gila BolaRayo Vallecano pada musim 2022/23 tampil berbeda. Pasukan Andoni Iraola tampil oke di Liga Spanyol sampai sejauh ini.

Jika berbicara kompetisi La Liga cuma ada tiga tim saja yang dikenal oleh pecinta sepak bola di antaranya Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid. Sedangkan Valencia, Villarreal, dan Sevilla adalah tim papan latas ain yang kerap menganggu persaingan gelar juara di liga domestik. Bahkan kerap dapatkan jatah bermain di Eropa.

Namun tiga tim terakhir tampil tak konsisten di Liga Spanyol. Sebaliknya, Rayo Vallecano mencoba bikin kejutan di mana mereka sekarang ada dalam persaingan untuk meraih tiket bermain di kompetisi antar klub benua biru.

Buka Peluang Main di Eropa

Rayo Vallecano jelas masih asing ditelinga pecinta sepak bola. Bahkan di klub ini tak memiliki pemaim bintang, tetapi musim ini di Liga Spanyol tampil cukup mengesankan. Dalam 22 pertandingan, mereka catatkan 9 kemenangan, 7 hasil imbang, dan 6 hasil kekalahan.

Terbaru, mereka bermain imbang 1-1 melawan Sevilla. Dikutip dari Football Espana, hasil itu sekarang telah memperlambat mereka untuk bermain di pentas Eropa. Meski begitu, mereka tetap menjaga asa.

Rayo Vallecano sekarang ada di peringkat keenam klasemen Liga Spanyol dengan mengemas 34 poin. Kini mereka berpotensi main di Liga Konferensi Eropa atau Liga Europa. Pasalnya cuma berjarak tiga poin dengan Real Betis yang ada di posisi kelima.

Bisa Ukir Sejarah

Rayo Vallecano sudah 20 tahun berkompetisi di Liga Spanyol. Berdasarkan statistiknya, mereka selalu finis di papan bawah klasemen hingga terdegradasi. Catatan terbaik mereka di La Liga adalah pada musim 2012/2013. Pada saat itu, mereka finis di peringkat kedelapan.

Ini musim kedua mereka di La Liga sejak kembali promosi. Terakhir Rayo Vallecano terdegradasi pada musim 2018/2019. Saat itu, mereka finis di dasar klasemen.

Dengan demikian, jika mampu mempertahankan di posisi di peringkat keenam sampai akhir 2022/23 akan jadi sebuah sejarah baru.

Fakta Menarik

Rayo Vallecano bisa dibilang tim yang berhasil menyulitkan klub besar di Liga Spanyol musim ini. Selain Sevilla, Barcelona adalah tim lain yang mereka berhasil tahan imbang. Bahkan Real Madrid, Valencia smapai Villarreal mampu dikalahkan.

Meski gagal meraih poin penuh menghadapi Sevilla, tetapi Rayo Vallecano memiliki peluang besar untuk mengamankan tiga angka saat bersua Cadiz pada hari Sabtu (25/2) malam WIB.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!