Barcelona Bagai Mendapat Durian Runtuh Jika Todibo Laku Dijual Klubnya

Gilabola.com – Barcelona sudah berusaha melepas sejumlah pemain yang dianggap lebih dalam beberapa musim terakhir. Sayangnya, mereka kerap kesulitan dalam mencari klub peminat.

Karena itulah, sebagian besar transfer keluar dari Camp Nou dilakukan dengan status transfer bebas atau dengan biaya transfer minimal.

Meski demikian, Barcelona tentunya ogah rugi! Mereka cantumkan beberapa klausul dalam kontrak pemain – yang akan sangat membantu mereka baik untuk membeli kembali pemain yang bersangkutan di masa depan atau mendatangkan dana setelah mereka gabung klub lain atau bermain cukup banyak pertandingan untuk klub mereka saat ini.

Saat ini, Barca sudah meraup untung dari Estanis Pedrola – pemain muda yang pindah ke Sampdoria musim panas lalu. Namun, dia baru bisa membantu klub induknya itu dapatkan 3 juta Euro setelah ia tampil 10 kali untuk tim Serie B tersebut.

Selain itu, Barcelona juga melepas Jean-Clair Todibo pada musim panas 2021, di mana OGC Nice membayar 8,5 juta Euro dalam transfernya. Dalam kesepakatan transfer Todibo ke klub Ligue 1 tersebut, Barcelona juga masukkan klausul keuntungan 20 persen dari penjualannya di masa datang – yang diharapkan akan segera menjadi kenyataan.

Barcelona Nantikan Transfer Musim Panas

Sebagai salah satu pemain muda terbaik di posisinya di sepak bola Eropa saat ini, Todibo diharapkan pindah dari Nice dan gabung Manchester United pada musim panas tahun depan. Namun, ia menolak pindah ke sebuah tim yang akan membuatnya tak mendapat cukup waktu bermain.

Walau awalnya diharapkan transfer Todibo akan terjadi di musim dingin, kini diberitakan Sport, Nice akan menjualnya pada musim panas, di mana beberapa klub papan atas tertarik padanya.

Nice pasang bandrol sekitar 30 juta Euro – sekitar 504 miliar Rupiah, hingga 40 juta Euro – sekitar 672 miliar Rupiah, dalam transfer Todibo. Dengan demikian Barcelona bisa kantongi 6 juta Euro – setidaknya 100 miliar Rupiah, hingga 8 juta Euro – setara 134 miliar Rupiah, tergantung pada biaya akhirnya.

Sumber Pendapatan Barcelona

Barcelona merekrut Todibo sekitar 1 juta Euro dari Toulouse pada tahun 2019. Pemain ini awalnya diharapkan punya potensi yang sangat tinggi, tapi ia harus tinggalkan Camp Nou demi dapatkan waktu bermain secara reguler. Sejak saat itu, ia sudah membantu Blaugrana hasilkan sejumlah uang yang tak sedikit.

Awalnya, ia dipinjamkan ke Schalke pada bulan Januari 2020, dan membantu Barca kantongi dana 1,5 juta Euro dari biaya peminjamannya oleh klub Bundesliga tersebut.

Dengan keuntungan 50 persen yang  sudah aman, Barça lalu meminjamkannya ke Benfica dengan biaya pinjaman 2 juta Euro, dan klub Portugal tersebut memiliki opsi pembelian sebesar 20 juta Euro pada akhir musim.

Barcelona Bakal Tambah Keuntungan dari Transfer Todibo di Nice

Namun, Benfica mengembalikan Todibo ke Barca pada bulan Januari. Setelah itu, dia gabung Nice dengan status pinjaman. Klub Prancis tersebut sangat senang dengan penampilan bek Perancis itu dan membayar 8,5 juta Euro untuk permanenkan jasanya.

Barcelona sudah kantongi 12 juta Euro – setara 201 miliar Rupiah, dari Todibo sejauh ini, dan jumlah itu bisa dengan mudah melampaui besaran 20 juta Euro – sekitar 336 miliar Rupiah, pada musim panas mendatang, terutama jika terjadi perang tawaran di  bursa transfer.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!