Barcelona Bangkit Dari Ketertinggalan Melalui Dua Gol Lewandowski

Gilabola.com – Barcelona sudah dua kali berturut-turut direpotkan oleh Deportivo Alaves. Jika sebelum ini Barca hanya bisa menang selisih satu gol, hal yang sama juga terjadi pada Minggu malam (12/11).

Alaves bahkan unggul lebih dulu melalui gol Samu Omorodion, penyerang mereka yang masih berusia 19 tahun, saat pertandingan belum lagi berjalan satu menit! Namun pada awal babak kedua Barca menyamakan skor dari gol Robert Lewandowski, dengan bantuan assist Jules Kounde.

Gol kemenangan Barca terjadi pada menit 77 dari penalti sang penyerang Polandia, usai Abdelkebir Abqar melakukan pelanggaran di dalam kotak.

Barcelona Kini Dua Poin di Bawah Real Madrid

Blaugrana kini mengoleksi 30 poin yang cukup untuk menjaga posisi ketiga klasemen sementara Liga Spanyol, dua poin dan satu posisi di bawah rival terberatnya Real Madrid dan empat poin di bawah pemimpin klasemen Girona.

Ada jarak lima poin dan enam poin antara Barca di urutan ketiga dengan Atletico Madrid di posisi keempat dan Athletic Bilbao pada urutan kelima.

Tiga tim teratas LaLiga itu, sama-sama baru kalah satu kali. Apa yang membedakan adalah jumlah kemenangan di antara tiga tim teratas, Girona 11, Madrid 10 dan Barca 9 kali.

Selain itu juga jumlah imbang yang terlalu banyak bagi Blaugrana tiga kali, Los Blancos dua kali imbang dan Girona hanya satu kali menjadi pembeda jumlah poin 34, 32 dan 30 untuk tiga urutan teratas.

Agka xG Alaves Lebih Tinggi Daripada Barca

Laga berlangsung secara berbeda antara babak pertama dan kedua. Untuk 45 menit pertama Barca menguasai bola sampai 71 persen, melepaskan empat percobaan gol, dua tepat sasaran, tapi tak satu pun berujung gol.

Sebaliknya Alaves selama babak pertama hanya memiliki 29 persen penguasaan bola, tapi mampu melepaskan lima kali upaya gol, satu tepat sasaran yaitu gol dari Samu Omorodion.

Babak kedua tuan rumah sama dominannya dalam penguasaan bola, 71 persen, tapi menaikkan jumlah serangan untuk mencobai gawang lawan sebanyak tujuh kali, empat terarah tepat sasaran dan dua menjadi gol. Satu dari titik putih.

Apa yang menarik adalah mengamati angka harapan gol kedua kubu, 1,49 untuk tuan rumah dan 1,71 untuk tim tamu. Dalam kenyataannya dua menjadi gol. Tetapi tentu penalti menit 77 oleh Lewandowski tak bisa dihitung sebagai peluang gol.

Barcelona akan tandang ke Rayo Vallecano pada pekan berikutnya, 25 November 2023, yang akan berlangsung setelah jeda internasional.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!