Barcelona Keren, Cuma Modal 60 Milyar, Tapi Dapat Felix, Cancelo, Gundogan, Inigo, Romeu

Gila BolaBarcelona mungkin bisa dibilang merupakan salah satu klub dengan transfer terbaik dan paling bijak di jendela transfer musim panas karena dengan anggaran minim, mereka masih bisa memperkuat skuad mereka secara masif.

Padahal sebelumnya ada kekhawatiran besar bahwa Blaugrana akan kesulitan di jendela transfer di tengah masalah finansial mereka, namun nyatanya bahwa Joan Laporta dan bawahannya berhasil bekerja dengan sangat baik.

Dengan nilai penjualan yang sangat masif mencapai Rp 1,8 Trilyun menurut catatan transfermarkt, serta kepergian sejumlah pemain dengan bebas transfer, itu benar-benar memberi kesegaran bagi keuangan klub.

Selain karena ada banyak dana yang masuk dari penjualan pemain, kepergian mereka juga membuat klub bisa melonggarkan tagihan gaji mereka sehingga bisa memberi ruang bagi kedatangan para pemain baru.

Para pemain seperti Ousmane Dembele, Franck Kessie, Nico Gonzalez, Abde Ezzalzouli, dan Trincao semua dijual, sama seperti Antoine Griezmann yang dipermanenkan Atletico Madrid, sementara Sergio Busquets, Jordi Alba, Samuel Umtiti, dan Alex Collado pergi bebas transfer yang melonggarkan ruang gaji.

Itu masih ditambah kepergian sejumlah pemain dengan status pinjaman seperti Ansu Fati ke Brighton, Clement Lenglet ke Aston Villa, Sergino Dest ke PSV Eindhoven, dan Eric Garcia ke Girona.

Jadi, dengan banyak ruang yang tersedia di ruang ganti, Barcelona akhirnya bisa memasukkan sejumlah pemain baru dan menanggung gaji mereka, dan lebih hebatnya lagi bahwa mereka hanya mengeluarkan uang Rp 60 Milyar saja.

Satu-satunya pemain yang membutuhkan biaya transfer adalah Oriol Romeu, dengan gelandang bertahan itu dipulangkan dari Girona, sementara sejumlah nama top berhasil didatangkan tanpa biaya.

Nama terbesar tentu saja Ilkay Gundogan, yang bergabung dengan status bebas transfer usai membawa Manchester City memenangkan treble winners, dengan Inigo Martinez juga bergabung tanpa biaya transfer dari Athletic Bilbao.

Kemudian, di batas waktu jendela transfer, Barcelona yang melepas sejumlah pemain akhirnya bisa mendatangkan Joao Cancelo (Manchester City) dan Joao Felix (Atletico Madrid) dengan status pinjaman.

Dengan hanya Rp 60 Milyar yang dikeluarkan, raksasa Catalan berhasil memperkuat skuad mereka secara signifikan dengan kedatangan sejumlah pemain top selama jendela transfer musim panas ini.

Tentu saja itu akan memberi dorongan besar bagi tim Xavi Hernandez dalam usaha mereka untuk mempertahankan gelar La Liga dan juga memperjuangkan kejayaan Liga Champions untuk pertama sejak 2015.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!