Barcelona Pertimbangkan Enam Pelatih Gantikan Xavi, Mana yang Paling Pas?

Gila BolaBarcelona pertimbangkan enam manajer sebagai calon pelatih baru setelah Xavi Hernandez umumkan dirinya akan mundur per 30 Juni 2024, tak lama setelah kompetisi La Liga musim ini berakhir.

Direktur Olahraga Barcelona, Deco, belum lama ini mengklaim dirinya belum lakukan manuver apapun untuk datangkan calon pengganti Xavi, karena mereka masih belum tahu bagaimana kondisi klub terkait fair play.

Selain itu, Deco juga masih belum bisa memberi jaminan kepada siapapun calon pengganti Xavi mengenai margin dan kekuatan klub untuk datangkan pemain baru di bursa transfer musim panas.

Namun, beberapa nama pelatih sudah didiskusikan di antara petinggi klub Catalan tersebut. Idenya, pelatih yang datang harus bisa segera beradaptasi dengan kondisi Barcelona, yang harus membatasi pengeluaran mereka dalam hal rekrutmen pemain.

Barca mencari seorang pelatih yang memiliki kapasitas luar biasa dalam bekerja, kepribadian yang kuat, gaya permainan menyerang yang unggul, bisa meningkatkan performa para pemainnya dan jika dia bisa bekerja dengan formasi 4-3-3 maka hal itu akan menjadi nilai tambah.

Berikut ini ke enam nama pelatih yang tengah dipertimbangkan Barcelona sebagai pengganti Xavi, seperti yang dilansir Barca Universal dari Mundo Deportivo:

  • Luis Enrique (PSG)

Saat ditanya mengenai kemungkinan menggantikan Xavi di Barcelona, Luis Enrique memilih untuk tak memberi respon apapun. Namun, namanya terus dikaitkan dengan klub yang pernah diasuhnya di era 2014 hingga 2017 itu.

Dia seorang pelatih yang sangat menarik, karena dia-lah ikon Barcelona yang pernah memenangkan treble di klub Catalan tersebut pada tahun 2015, serta dijamin memiliki gaya permainan menyerang, intensitsa fisik dan tuntutan maksimal.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Masalahnya, dia terikat kontrak dengan PSG hingga tahun 2025, dan Luis Henrique terkenal sebagai pelatih yang sangat menghormati komitmennya.

  • Mikel Arteta (Arsenal)

Mikel Arteta sangat disukai di Barcelona karena gaya permainan menyerangnya, seleranya untuk memadukan sepak bola dan naluri bersaingnya. Faktor lain yang menjadi nilai tambah baginya adalah, dia tahu betul apa itu DNA Barcelona, karena dia merupakan jebolan La Masia (1997-1999).

Penghalangnya, Arteta terikat kontrak dengan Arsenal hingga tahun 2025 dan punya hubungan yang sangat baik dengan klub London Utara tersebut. Belum lama ini, Arteta juga membantah bahwa dia akan tinggalkan The Gunners pada musim panas mendatang.

  • Roberto De Zerbi (Brighton)

Pelatih Brighton asal Italia ini merupakan salah satu pelatih muda terbaik Eropa saat ini. Ia bahkan sudah mendapat dukungan dari Pep Guardiola, untuk memenangkan hati the Culer.

Kinerjanya di Brighton dan gaya permainan yang ditunjukkan timnya membuat De Zerbi memiliki prospek bagus di Barca. Namun, ia belum memiliki banyak pengalaman melatih di sebuah klub papan atas dan bekerja bersama para pemain besar kemungkinan akan menyulitkannya.

  • Xabi Alonso (Bayer Leverkusen)

Dia seorang legenda Real Madrid dan Liverpool. Alonso tunjukkan kinerja luar biasa sebagai pelatih Bayer Leverkusen, yang belum pernah kalah di musim ini dan tengah menguasai puncak klasemen sementara Bundesliga.

Pelatih asal Spanyol ini membangun tim muda yang gigih dalam mengejar kemenangan dan gaya permainan menyerang yang luar biasa.

Namun, rekam jejaknya bersama Real Madrid bisa menjadi penghalang baginya untuk datang ke Camp Nou sebagai pengganti Xavi. Apalagi, Alonso juga gencar diberitakan akan menjadi pengganti Jurgen Klopp di Liverpool.

  • Hansi Flick (Tanpa Klub)

Mantan pelatih Bayern Munchen ini masih menganggur sejak didepak dari Timnas Jerman pada bulan September 2023. Kini dia menjadi salah satu kandidat yang diincar presiden Joan Laporta, yang tertarik pada sekolah kepelatihan Jerman.

Sementara dia cukup sukses selama jalani tugasnya di Bayern, Flick justru tak jalankan tugasnya dengan baik bersama Die Mannschaft. Hal itu barangkali menjadi sesuatu yang akan membuatnya ditentang.

  • Unai Emery (Aston Villa)

Unai Emery sangat ternama di Eropa karena gaya permainan sepak bolanya yang intens, bersaing dan dinamis. Aston Villa saat ini bertengger di urutan ke empat di Liga Premier dan telah berhasil mengalahkan klub-klub raksasa seperti Manchester City maupun Arsenal.

Emery punya pengalaman di Spanyol, di mana ia pernah bekerja di Sevilla, Valencia dan Villarreal. Dia juga pernah bekerja di klub-klub papan atas seperti PSG dan Arsenal. Masalahnya, dia terikat kontrak dengan Villa hingga tahun 2027.

Nama Pelatih Lain yang Bisa Gantikan Xavi di Barcelona

Jurgen Klopp punya peringkat tinggi di Barcelona, tapi tampaknya dia menjadi opsi yang tak mungkin karena dia mengaku akan mengambil cuti panjang usai tinggalkan Liverpool musim panas mendatang.

Sementara itu ada beberapa nama pelatih lainnya, seperti Michel, Imanol Alguacil dan Sergio Conceicao yang tak lagi dipertimbangkan.