Barcelona Rapuh di Lini Pertahanan, Apa Penyebabnya?

Gila BolaBarcelona terlalu mudah kebobolan di Liga Spanyol 2023/24. Namun ada satu penyebab mengapa klub sepak bola asal Catalan bisa kemasukan gol.

Sebagaimana diketahui, Robert Lewandowski dan kolega musim lalu dinobatkan menjadi juara Liga Spanyol. Salah satu faktor mereka juara karena solidnya lini pertahanan.

Barcelona juara hanya kebobolan 20 gol dalam 38 pertandingan, sementara kiper Marc-Andre ter Stegen mencatatkan 26 clean sheet di La Liga. Dengan demikian, membuat tim Xavi Hernandez memanangkan liga domestik dengan catatan yang memuaskan.

Ceritanya berbeda justru sejauh musim ini, Barcelona sudah kebobolan delapan gol. Bahkan Xavi Hernandez menyoroti pertahanannya saat bermain imbang 2-2 kontra Mallorca. Hal ini pun mengundang perhatian Roberto Moreno. Eks asisten klub sepakbola asal Catalan mengungkapkan mengapa lini belakang mudah ditembus.

Penyebab Mudah kebobolanĀ 

Kepada Marca, Roberto Moreno mengatakan semuanya berubah karena kehadiran Joao Cancelo. Menurutnya, pemain sepak bola asal Portugal seorang bek kanan yang lebih menyerang ketimbang bertahan.

Lebih lanjut, Roberto Moreno menyebutkan dengan pindahnya Jules Kounde dari bek kanan menjadi bek tengah juga memberikan pengaruh dan tidak adanya Sergio Busquets akan membuat keseimbangan di Barcelona tidak sama. Pasalnya, para pemain tidak menempati posisinya dengan benar.

Roberto Moreno menyatakan Barcelona memiliki struktur penguasaan bola yang sangat kuat musim lalu dan membuat Barcelona mudah untuk menghentikan rivalnya.

Barcelona Butuh Comeback 2 KaliĀ 

Sudah menjalani delapan pertadingan di Liga Spanyol, tetapi Barcelona membutuhkan dua kali untuk comeback meraih poin. Pertama, saat lawan Celta Vigo yang berakhir dengan skor 3-2.

Sementara yang kedua, saat Barcelona bermain imbang 2-2 melawa Mallorca. Bahkan Xavi Hernandez sangat geram karena lini belakangnya tak tampil bagus.

Kemudian Barcelona juga baru mencatatkan empat clean sheet sejauh ini di Liga Spanyol 2023/24. Teranyar, saat menang tipis 1-0 atas Sevilla lewat gol bunuh diri Sergio Ramos.

Laga Berikutnya

Setelah melawan Sevilla, Barcelona akan menghadapi Granada di pekan kesembilan Liga Spanyol 2023/24. Laga kedua tim akan berlangsung di Los Carmenes 9 Oktober mendatang.

Namun sebelumnya mereka lebih dulu menghadapi FC Porto di matchday kedua Liga Champions, Kamis (5/10) dini hari WIB.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!