Barcelona Tanpa Lewandowski di Derby Catalan, Xavi Siapkan Tiga Penggantinya

Barcelona harus bertanding tanpa Robert Lewandowski di derby Catalan melawan Espanyol pekan ini. Xavi Hernandez pun siapkan tiga pemain sebagai penggantinya.

Gila Bola РLewandowski berhasil membuat gebrakan sejak ia datang ke La Liga. Sayangnya, skuad Xavi harus bermain tanpa bintang asal Polandia itu selama periode sibuk di bulan Januari, yang dimulai dengan derby Catalan  melawan Espanyol, Sabtu (31/12) malam.

Robert Lewandowski saat ini menjadi top skorer di La Liga, tapi harus jalani skorsing selama tiga pertandingan sejak ia diusir keluar di laga terakhir Barcelona di ajang liga sebelum jeda Piala Dunia.

Saat itu, walaupun bermain dengan hanya 10 pemain, Barcelona berhasil bangkit dan kalahkan Osasuna. Berkat kemenangan itu, Barca berada dua poin di atas juara bertahan Real Madrid – yang berada di posisi kedua setelah sama-sama mainkan 14 laga.

Xavi sekarang punya tiga opsi yang bisa diturunkannya menggantikan Robert Lewandowski, di mana Ferran Torres, Ansu Fati dan Memphis Depay berpeluang menjadi starter, walaupun tak ada satupun dari ketiganya yang beroperasi sebagai penyerang tengah alamiah.

Sementara itu Ousmane Dembele – runner up Piala Dunia bersama France, juga sudah kembali berlatih dengan skuad Blaugrana sejak hari Senin (26/12), dan bisa dilibatkan di laga melawan Espanyol. Demikian diungkapkan Japan Times.

Setelah Barcelona kecewa karena tersingkir di fase grup Liga Champions, mereka bergerak naik menjelang jeda Piala Dunia. Hal ini benar-benar menjadi dorongan moral yang sangat penting bagi tim Catalan tersebut.

Xavi Hernandez saat ini berada di bawah tekanan untuk memenangkan trofi di musim keduanya sebagai pelatih Barca, setelah ia menutup musim pertamanya tanpa trofi.

Barca hamburkan banyak uang di musim panas ini, di mana mereka sudah datangkan Lewandowski, Raphinha, Jules Kounde dan beberapa pemain lain, hingga Barca harus lakukan pengorbanan finansial yang cukup kontroversial.

Kedatangan Lewandowski tampaknya langsung berdampak pada Barca. Namun mereka harus menerima nasib dua kali dikalahkan bekas klub Lewandowski, Bayern Munchen, di ajang Eropa. Itulah sebabnya tekanan terhadap Barca makin meningkat.

Barca punya kans untuk mengangkat trofi pertama di musim ini, tepatnya pada pertengahan Januari 2023, saat mereka akan beraksi di Piala Super Spanyol.

Namun, mereka harus hadapi Espanyol dan Atletico Madrid di ajang La Liga sebelumnya, serta laga melawan Intercity di Copa del Rey.

Rival sekota Blaugrana, Espanyol, tengah berjuang untuk tetap merumput di La Liga musim depan, di mana saat ini mereka berada di urutan ke-16 dan hanya satu poin di ata zona merah.

Pelatih Pablo Machin kemungkinan akan memilih Martin Braithwaite di lini serang skuad Espanyol, melawan bekas klubnya Barca – yang ia tinggalkan musim panas lalu.

Penyerang asal Denmark itu mengaku, dia berpikir Xavi tak percaya padanya dan dia punya kans untuk membuktikan kemampuannya pada akhir pekan ini. Selama ia berada di Barca, Xavi lebih suka andalkan Torres, Fati dan Depay sebagai cadangan untuk Lewandowski daripada dirinya.

Kategori: Gilabola.com, Liga Spanyol
Topik: Barcelona, Xavi Hernandez