Hari Terakhir La Liga, Villarreal dan Real Betis ke Liga Europa! Valencia Bertahan

Gila Bola – Keinginan Vinicius Junior melihat Valencia terdegradasi gagal tercapai dengan Los Che berhasil bertahan di divisi La Liga, sementara pada jam yang sama Villarreal dan Real Betis memastikan diri lolos ke Liga Europa.

Hal ini tercapai setelah La Submarino Amarillo main draw 2-2 melawan Atletico dengan gol susul menyusul. Tuan rumah Villarreal akan merasa beruntung Axel Witsel terkena kartu merah pada menit 70 dengan gol balasan terakhir terjadi menit 92 melalui Jorge Pascual, memastikan satu poin.

Liga Europa merupakan turnamen yang diinginkan Villarreal setelah mereka memenangkan kompetisi itu pada 2021, mengalahkan Manchester United di final dengan adu penalti.

Real Betis akan menjadi wakil kedua Spanyol di komeptisi kelas kedua Eropa itu, setelah mereka imbang 1-1 melawan Valencia, tim lain pejuang degradasi yang selamat pada hari terakhir.

Atletico Gagal Dapatkan Posisi Kedua

Pasukan Diego Simeone itu masih sangat gigih mengejar tiga poin karena sebuah kemenangan seharusnya bisa menggusur Real Madrid (78), tetapi karena hanya satu poin saja maka Atletico (77) harus rela mengakhiri musim pada ranking ketiga klasemen.

Selisih poin dengan tim-tim di bawah mereka menyebabkan empat tim yang akan bermain di Liga Champions musim depan sudah ditentukan sejak lama, dengan Barcelona, Real Madrid, Atletico dan Real Sociedad merupakan empat besar Liga Spanyol.

Barca di jam yang sama pada Senin dinihari (5/6) kalah lagi untuk kali ketiga dari empat pertandingan terakhir, kali ini 2-1 di kandang Celta Vigo.

Pertarungan Menghindari Degradasi di La Liga

Sampai dengan hari terakhir musim, masih ada tujuh tim yang berjuang untuk keluar dari jebakan degradasi. Mereka adalah Celta Vigo yang memiliki 40 poin sebelum kick-off, Cadiz 41, juga Getafe dan Valencia sama 41, selain Almeria 40, Real Valladolid 39, dan Espanyol 36.

Itu juga alasan mengapa Celta Vigo tampil mati-matian dan dua gol dari Gabri Veiga sudah cukup untuk memastikan kemenangan tuan rumah, usai gol cepat Franck Kessie menit 11 dibatalkan dengan alasan offside. Gol balasan Barcelona dicetak menit 79 melalui Ansu Fati.

Valencia lolos dari degradasi setelah bermain imbang 1-1 di kandang Beticos. Sebuah hasil draw aman bagi Los Che karena di jam yang sama seluruh peserta pejuang degradasi, kecuali Celta Vigo, seluruhnya main imbang.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!