Laga Gila Liga Spanyol, Athletic Bilbao Dua Kali Samakan Skor dan Berbalik Menang

Gilabola.com – Athletic Bilbao akan mengenang laga kontra Celta Vigo pada Sabtu dinihari (11/11) sebagai bukti kegigihan tim yang luar biasa. Dua kali tertinggal, dua kali pula mereka menyamakan skor, sebelum berbalik menang melalui gol menit 98!

Pertandingan Bilbao vs Celta Vigo ini dimulai dengan gol Iago Aspas menit 25. Lalu disamakan oleh Oihan Sancet selang 11 menit kemudian. Penyerang asal Pantai Gading Jonathan Bamba membawa tim tamu berbalik unggul jelang turun minum, tapi lagi-lagi disamakan melalui gol Gorka Guruzeta.

Pemain yang sama, Guruzeta, membawa tuan rumah unggul 3-2 pada awal paruh kedua sebelum disamakan penyerang muda Norwegia, Jorgen Strand Larsen, selang seperempat jam kemudian. Skor sama kuat 3-3 dengan selisih 25 menit lagi jelang bubaran.

Kegagalan Penalti Iago Aspas Menit 72 Momen Menentukan 

Lalu datanglah hukuman penalti pada menit 72 setelah satu pelanggaran dari pemain tuan rumah di dalam kotak. Tahu siapa pelaku handball itu? Guruzeta yang tadi mencetak dua gol tuan rumah.

Iago Aspas maju sebagai eksekutor tetapi usahanya untuk menembak ke sisi kiri bawah berhasil dibaca kiper Unai Simon, selain sepakannya yang melaju terlalu pelan. Gagal gol!

Sejak saat itulah situasi dan semangat berbalik arah untuk keuntungan tuan rumah. Mereka melepaskan 12 percobaan gol selama 45 menit kedua, enam terarah tepat sasaran dan hanya dua yang menjadi gol.

Satu melalui Guruzeta tadi awal babak kedua dan satu lagi, tahu kapan? Menit 98 jelang berakhirnya pertandingan di Estadio San Mamés ini. Itu merupakan hadiah penalti yang diberikan wasit setelah Oscar Mingueza melakukan handball di dalam kotak.

Alex Berenguer, yang fotonya bisa Anda lihat di atas, maju sebagai eksekutor dan berhasil menyarangkan si bundar ke gawang Vicente Guaita. Masih ada waktu dua menit antara gol Berenguer itu sampai wasit benar-benar meniup tanda akhir pertandingan, tetapi tidak ada gol tambahan.

Posisi Klasemen Athletic Bilbao dan Celta Vigo

Tuan rumah yang berada di bawah arahan pelatih Ernesto Valverde, bekas manajer Barcelona, kini naik ke posisi kelima klasemen LaLiga dengan 24 poin. Koleksi gol memasukkan tim ini (25) bahkan lebih banyak daripada Real Madrid (23) dan Barcelona (24).

Namun jumlah gol kebobolan the Lions sebanyak 17 gol adalah satu-satunya petunjuk bahwa mereka pernah menjalani periode yang pahit sebelum ini, sudah kemasukan tujuh gol dari tiga laga terakhir, termasuk malam ini.

Sementara itu Celta Vigo yang patah hati akibat gol penalti menit 98 masih berada di zona degradasi, nilai hanya tujuh dari 13 pertandingan.

Hanya ada satu kali kemenangan dari 13 laga itu, sisanya adalah delapan kekalahan dan empat hasil imbang.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!