Chelsea Akan Mulai Pembangunan Stadion Baru

Klub asal London Chelsea diberikan izin untuk membangun stadion baru seharga triliunan rupiah oleh otoritas setempat.

Klub asal London Chelsea diberikan izin untuk membangun stadion baru seharga triliunan rupiah oleh otoritas setempat.

Berita Bola – Komisi perencanaan dewan Hammersmith and Fulham menyetujui rencana untuk menghancurkan Stadion Stamford Bridge dan membangun yang baru. Rencananya Chelsea akan membangun stadion baru seharga Rp 8 triliun dengan kapasitas sebanyak 60.000 kursi, lebih banyak 18.400 kursi dibandingkan Stamford Bridge.

“Kami sangat bersyukur bahwa izin perencanaan telah diberikan agar bisa membangun rumah bersejarah kami,” tulis pernyataan klub. “Keputusan komite tidak berarti pekerjaan langsung dimulai. Ini hanya langkah lanjutan, meski memang cukup signifikan, yang harus dipunyai sebelum bisa mulai bekerja, termasuk mengantongi izin-izin lainnya.”

Sementara itu Walikota Sadiq Khan nantinya yang akan menjadi penentu apakah The Blues bisa membangun stadion atau tidak. Kabarnya pembangunan stadion ini akan menghabiskan waktu selama tiga tahun, dimana Chelsea sedang mempertimbangkan Stadion Twickenham dan Wembley sebagai kandang sementara.

Akan tetapi khusus untuk Wembley, Chelsea diyakini akan kesulitan sebab sudah dipakai Tottenham Hotspur dengan kontrak hingga musim 2017/18. Rencana pembangunan stadion baru ini sejalan dengan tren yang terjadi di Liga Inggris dalam beberapa tahun belakangan.

Sepuluh tahun lalu Arsenal membangun Stadion Emirates dengan kapasitas 60.000 kursi, lalu musim panas kemarin West Ham United pindah dari Upton Park ke Stadion Olympic London yang mempunyai 57.000 kursi, serta pembangunan White Hart Lane mengharuskan Hotspurs bermarkas di Wembley untuk sementara waktu.

Awalnya Roman Abramovic berniat membeli properti bekas PLTU batubara, Battersea Power Station yang terletak Selatan dari Sungai Thames London. Sayangnya rencana untuk membangun stadion baru di tempat tersebut gagal setelah ia gagal dalam proses tawar menawar dengan agen properti yang berniat membangun apartemen kelas atas.

Sepakbola.cc