Inggris incar Euro 2016, tak berambisi juarai Piala Dunia 2014

5

Sesudah kekalahan The Three Lions di perempatfinal Euro 2012 vs Italia, adakah peluang Inggris juara di Piala Dunia 2014 yang akan dilangsungkan di Brasil? Akal sehat akan bilang: Tidak! Tidak mungkin dengan sekumpulan singa tua berusia di atas 30 tahun, yakni Frank Lampard yang pada tahun 2014 akan berusia 36 tahun, Steven Gerrard (34) dan […]

Inggris incar Euro 2016, tak berambisi juarai Piala Dunia 2014 - berita Liga Europa Liga Inggris

Sesudah kekalahan The Three Lions di perempatfinal Euro 2012 vs Italia, adakah peluang Inggris juara di Piala Dunia 2014 yang akan dilangsungkan di Brasil? Akal sehat akan bilang: Tidak!

Tidak mungkin dengan sekumpulan singa tua berusia di atas 30 tahun, yakni Frank Lampard yang pada tahun 2014 akan berusia 36 tahun, Steven Gerrard (34) dan Ashley Cole, Gareth Barry serta Scott Parker yang akan menginjak usia 33 tahun.

Jadi, disarankan kepada timnas Inggris untuk mengirim skuad berusia muda di kisaran 20-an tahun ke Piala Dunia 2014 di Brasil. Kalau bisa lolos dari babak kualifikasi wilayah Eropa ya syukur. Kalau gagal ya sudah. Tapi tidak usah capek-capek mengejar prestasi di Brasil.

Secara statistik juga agak tidak mungkin. World Cup sudah enam kali dilangsungkan di Amerika Latin dan enam-enamnya dimenangkan oleh tim asal benua Amerika. Brasil juara dunia tahun 1962 di Cile dan 1970 di Meksiko. Argentina juara di kandang sendiri tahun 1978 dan di Meksiko 1986. Uruguay juara tahun 1930 dan 1950.

Jadi, ngapain repot? Begitulah kata kolumnis bola Rob Beasley, seperti dimuat harian The Sun, Inggris. Mungkinkah Roy Hodgson membereskan semua kekacauan dan kesialan tim Inggris dalam dua tahun ke depan? Mungkinkah mengangkat moral pemain yang sudah terlanjur jatuh setiap kali menghadapi adu penalti?

Lebih baik konsentrasi pada kejuaraan Euro 2016 yang akan dilangsungkan di Prancis, di mana lebih besar peluang Inggris untuk jadi juara. Jika dari sekarang pemain-pemain muda berusia 20 tahun dilibatkan dalam tim maka mereka akan cukup matang di kisaran 25 tahun saat berlaga di Prancis nanti.

Inggris masuk Grup H kualifikasi Piala Dunia wilayah Eropa dengan calon peserta Montenegro, Moldova, Ukraina, Polandia dan San Marino. Tak satu pun mereka lolos kualifikasi Euro 2012. Polandia dan Ukraina lolos karena posisi mereka sebagai tuan rumah. Dan tersingkir di penyisihan grup.

Jadi apa yang musti ditakutkan? Kalau kemudian skuad muda The Three Lions itu kalah, ya sudah. Tapi kemungkinan besar mereka akan bisa lolos ke Brasil.

Ada sejumlah nama yang bisa masuk menjadi calon pemain di tim muda Inggris yang sudah dibersihkan sama sekali dari singa-singa tua.

Mereka adalah Phil Jones dan Chris Smalling dari MU. Serta Gary Cahill dari Chelsea. Seluruhnya untuk posisi bek.

Ada Kyle Walker  dari Tottenham di sayap kanan, dan Ryan Bertrand (Chelsea) di sayap kiri.

Di gelandang ada trio Arsenal muda usia: Jack Wilshere, Alex Oxlade-Chamberlain dan Theo Walcott.

Dan di depan ada trio penyerang asal MU: Danny Welbeck, Wayne Rooney dan Ashley Young.