10 Pesepak Bola Termahal Inggris Sepanjang Masa, Tahu Kan Siapa yang Teratas?

Gila Bola – Pindah ke Real Madrid membuat Jude Bellingham berada di posisi teratas daftar 10 pemain termahal Inggris sepanjang masa.

Gelandang berusia 19 tahun itu rampungkan transfer yang pecahkan rekor senilai 115 juta Poundsterling – sekitar 2,2 triliun Rupiah, dari Borussia Dortmund ke Real Madrid pada hari Rabu (14/6), setelah lakukan negosiasi beberapa bulan.

Kini, Jude Bellingham berada di posisi teratas daftar pemain termahal Inggris sepanjang masa. Dia kini berada di posisi teratas daftar pemain elit Inggris, seperti halnya Jack Grealish, Harry Maguire, Jadon Sancho dan Ben White – yang seluruhnya dibeli mahal oleh klub mereka.

Mayoritas bintang tersebut telah membuktikan bahwa mereka layak ditebus dengan harga fantastis lewat penampilan yang konsisten, meskipun beberapa di antaranya juga harus berjuang tampil menawan.

Berikut ini daftar 10 pesepakbola Inggris termahal sepanjang masa, seperti dilansir SunSport:

Jude Bellingham

Walau kita belum melihat penampilan Bellingham bersama Real Madrid, tapi penampilannya bersama Borussia Dortmund maupun Timnas Inggris sudah memberi jaminan hingga Madrid bersedia gelontorkan dana besar untuknya.

Di usianya yang baru 19 tahun, gelandang itu belum mencapai puncak karirnya dan tetap akan terus berkembang setidaknya selama satu dekade mendatang.

Dia sudah bermain dalam 24 pertandingan tim senior Inggris, plus 124 penampilannya untuk Borussia Dortmund – beberapa di antaranya menjadi kapten, sehingga dia dianggap sudah nyaman untuk lakoni panggung yang lebih besar.

Jack Grealish

Winger yang suka hura-hura ini gabung Manchester City dengan transfer senilai 100 juta Pounds – setara 1,9 triliun Rupiah, dari Aston Villa di tahun 2021.

Walau sempat harus berjuang untuk bangkit di musim perdananya di Etihad, Grealish akhirnya berhasil buktikan bahwa dirinya merupakan salah satu pemain terpenting di skuad Pep Guardiola.

Di musim 2022/23, Grealish tampil dalam 50 pertandingan untuk the Cityzens dan membantu mereka meraih treble. Sehingga, layak baginya didatangkan City dengan harga selangit.

Harry Maguire

Maguire gabung Manchester United dari Leicester City pada tahun 2019 dengan sebuah transfer yang pecahkan rekor dunia untuk seorang bek sebesar 85 juta Pounds (1,6 triliun Rupiah).

Dia kemudian tampil dalam 175 pertandingan untuk skuad Setan Merah, tapi karirnya di Old Trafford kemudian naik turun.

Bek yang masih jadi andalan Timnas Inggris tak diminati pelatih baru MU, Erik ten Hag, musim lalu, karena penampilannya yang buruk dan kerap lakukan blunder.

Di musim panas ini Maguire diharapkan akan tinggalkan Old Trafford, tentu saja dengan transfer yang lebih murah dari yang pernah diberikan United kepada The Foxes.

Jadon Sancho

Menjadi satu lagi marquee player yang didatangkan MU, dengan transfer 75 juta Pounds – atau 1,4 triliun Rupiah. Ia direkrut dari Borussia Dortmund pada tahun 2021.

Seperti halnya Maguire, karirnya di MU juga naik-turun. Dia harus berjuang ekstra untuk tampilkan permainan terbaiknya di Old Trafford, sehingga hanya berhasil mencetak lima gol dalam 38 pertandingan di musim perdananya di MU.

Penampilan naik-turun Sancho kembali terjadi di musim 2022/23, meskipun ini menjadi dampak dari cedera dan sakit yang dialaminya.

Saat ini, Sancho juga dikaitkan dengan rencana transfer sejumlah klub, di mana Tottenham siap sodorkan 50 juta Pounds.

Ben White

Pemain bertahan ini gabung Arsenal dari Brighton dengan transfer sebesar 50 juta Pounds – atau 956 miliar Rupiah, pada tahun 2021.

Walau banyak fans yang skeptis menyaksikan banderolnya, tapi White dalam waktu singkat berhasil menjadi pemain andalan Mikel Arteta.

Dia sekarang dipertimbangkan sebagai salah satu pemain kunci The Gunners. Apalagi, White juga mainkan peranan penting saat Arsenal menjadi penantang gelar di musim 2022/23, dengan tampil di ke-38 pertandingan.

Raheem Sterling

Sterling lakukan langkah mengejutkan dengan pindah dari Liverpool ke Manchester City pada tahun 2015, dengan transfer senilai 50 juta Pounds – 956 miliar Rupiah. Namun, biaya itu dianggap cukup sepadan.

Sterling mencetak 131 gol dalam 339 penampilannya selama tujuh tahun membela Manchester City, dan ikut membawa klub itu memenangkan empat gelar Liga Premier, satu Piala FA dan lima Piala Liga.

Sterling kemudian pindah ke Chelsea dengan biaya sama musim panas lalu, dan tampil dalam 38 penampilan di semua kompetisi musim 2022/23.

Aaron Wan-Bissaka

Bek sayap yang satu ini gabung Manchester United dari Crystal Palace dengan transfer senilai 49 juta Pounds – atau 937 miliar Rupiah, di tahun 2019.

Namun permainannya selama Old Trafford telah memicu beragam tanggapan dari para fans.

Meski demikian, Wan-Bissaka cukup berkembang di paruh kedua musim 2022/23 bersama Ten Hag.

John Stones

Didatangkan City dengan ongkos 47,5 juta Pounds – setara 908 miliar Rupiah, pada tahun 2016, di mana transfer itu terlihat murah sekarang.

Ketika itu, City dianggap sudah gelontorkan banyak dana untuk seorang bek. Namun, saat kita saksikan bagaimana permainan bintang Inggris itu di lapangan selama dia mendapat waktu bermain, tampaknya dia berhasil membuat City merasa tak salah telah mendatangkannya.

Stones ikut membawa City memenangkan lima gelar juara Liga Premier, dua Piala FA, empat Piala Liga dan satu trofi Liga Champions.

Stones dipastikan akan tercatat sebagai salah satu pemain penting dalam sejarah treble yang baru saja diraih Manchester City.

Kyle Walker

Seperti halnya Stones, tak banyak level klub yang tidak dimenangkan Walker. Dia gabung City satu tahun setelah Stones, tapi Walker berhasil meraih jumlah penghargaan sama.

Transfernya ke Etihad dari Tottenham yang senilai 45 juta Pounds – setara 860 miliar Rupiah, bisa seakan terbayar dengan mudah lewat dampak yang diberikannya ke skuad asuhan Pep Guardiola.

Ben Chilwell

Chilwell gabung Chelsea dari Leicester City pada tahun 2020, dengan transfer sebesar 45 juta Pounds, atau 860 miliar Rupiah.

Sejauh gabung the Blues, dia sudah memenangkan Liga Champions dan Piala Dunia Antar Klub, tapi pemain ini banyak diganggu urusan cedera. Meski demikian saat tersedia untuk dimainkan, Chilwell tunjukkan permainan yang solid di lini belakang sekaligus membantu serangan.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!